Home » Muda

Dongeng Anak Pengantar Tidur di Era Millenial Menghilang

print this page Senin, 13/11/2017 | 18:57

Ilustrasi: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Pontianak— Orangtua harus terus mengawasi pergaulan anak dan bagaimana menghadapi anak-anak zaman sekarang. Banyak tradisi baik yang dilakukan orang tua zaman dulu dilupakan oleh orang tua di era millenial, kata Kepala Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Darmanelly di Pontianak.

"Dahulu para orang tua, banyak memberikan kisah dan nasihat kepada anak-anak mereka, mulai dari dongeng-dongeng yang sifatnya nasihat dan mendidik, tetapi sekarang banyak orang tua yang tidak lagi melakukan hal itu," ujarnya kepada Antara, Senin (13/11/2017).
 
Menurut dia, saat ini banyak orang tua yang memberikan informasi kepada anak-anak mereka dengan mencari segala sesuatu melalui mesin pencari "Google" atau media sosial.

Tetapi, terkadang lupa kalau dalam media sosial, para penggunanya harus cerdas agar tidak salah berkomunikasi dengan dunia luar tersebut. Sehingga, menurut , kata Darmanelly, anak-anak harus diajarkan menggunakan media sosial yang cerdas. 

Kemajuan teknologi memang tak bisa dihindari, untuk itu perlu orang tua dan lingkungan yang baik untuk membentuk mereka. "Karena yang namanya anak-anak akan meniru dan lebih senang dengan hal-hal yang baru, misalnya kita bilang jangan lakukan, justru mereka ingin mengetahui yang dilarang tersebut," ujarnya.

Dalam hal ini, orang dewasa harus memberi contoh yang bagus, dengan menjelaskan, bahwa ada aturan dalam media sosial, misalnya tidak boleh bully, mengunggah foto porno, kekerasan dan hal-hal yang mengganggu kestabilan negara.

Penulis Syahrul Munir

Tags:

Dongeng AnakDongeng Pengantar TidurOrang Tua DahuluEra Millenials

loading...