logo rilis

DK PBB Agendakan Pertemuan Bahas Senjata Kimia di Douma
Kontributor
Syahrain F.
09 April 2018, 21:37 WIB
DK PBB Agendakan Pertemuan Bahas Senjata Kimia di Douma
Sidang di DK PBB. FOTO: Dok. PBB

RILIS.ID, Ghouta Timur— Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) dilaporkan akan melakukan pertemuan darurat menyusul serangan kimia di distrik Douma, di daerah Ghouta Timur, Suriah, pada Senin (9/4/2018).

Perwakilan Amerika Serikat untuk PBB melalui sebuah pernyataan tertulis mengatakan, DK PBB akan melakukan pertemuan pada Senin atas permintaan Prancis, Inggris, Amerika Serikat (AS), dan anggota tidak tetap Dewan yakni Pantai Gading, Belanda, Peru, Polandia, Kuwait dan Swedia.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyoroti bahwa senjata kimia sudah terlalu sering digunakan untuk membunuh warga sipil.

“Dewan Keamanan harus berkumpul dan menuntut akses segera untuk pertolongan pertama, dukungan untuk penyelidikan independen terhadap apa yang terjadi, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas kekejaman ini,” kata Haley.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian meminta DK PBB mengadakan pertemuan darurat untuk membahas situasi di Ghouta Timur menyusul serangan kimia yang terjadi di daerah tersebut pada Sabtu.

Rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad meluncurkan serangan kimia yang menewaskan 78 warga sipil di permukiman sipil di distrik Douma, titik terakhir yang dikuasai pihak oposisi di Ghouta Timur.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)