logo rilis

Ditutup, Akses Pendakian Merapi dari Desa Lencoh
Kontributor

11 Mei 2018, 21:44 WIB
Ditutup, Akses Pendakian Merapi dari Desa Lencoh
Gunung Merapi kembali erupsi freatik pada Jumat (11/5/2018). FOTO: Humas BNPB

RILIS.ID, Boyolali— Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan, menyusul erupsi freatik 5.500 meter, Jumat (11/5/2018).

Dengan begitu, pendaki tak bisa mengakses pintu pendakian ke puncak Gunung Merapi di Desa Lencoh, Boyolali, Jawa Tengah. Demikian disampaikan salah satu Anggota Tim SAR Barameru, Samsuri, beberapa saat lalu.

"Pintu pendakian juga pasang papan bertuliskan, pendakian ditutup untuk sementara di Base Camp Lencoh," ujarnya di Boyolali.

Baca: Jangan Ada Aktivitas di Radius Dua Kilometer Merapi

Samsuri menambahkan, sekitar 160 pendaki yang berada di Merapi saat erupsi sudah dievakuasi. Semuanya dalam kondisi selamat, meski ada yang terluka ringan dan trauma.

"Sekitar 17 yang lecet-lecet, langsung ditangani tim medis. Mereka mengalami lecet, karena mereka lari tergesa-gesa saat kejadian posisi di kawasan Pasar Bubrah," terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinung, menambahkan, para pendaki panik ketika asap tebal keluar dari puncak Merapi. Mereka kemudian berlarian dan mengalami luka ringan.

Baca: Merapi Meletus, Pendaki Turun Gunung

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)