logo rilis
Ditemani Sudirman Said ke KPK, Sandiaga Uno Laporkan Hartanya
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Agustus 2018, 15:59 WIB
Ditemani Sudirman Said ke KPK, Sandiaga Uno Laporkan Hartanya
Sandiaga Uno. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Bakal calon wakil presiden RI, Sandiaga Uno, mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melaporkan harta kekayaan terbarunya. Kedatangan Sandiaga ini didampingi mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Sandiaga mengklaim, dirinya rutin melaporkan hartanya ke KPK per tiga bulan. Namun kali ini berbeda, ia melaporkan dalam rangka syaratnya sebagai bakal Cawapres RI.

"Jadi teman-teman sabar saya diantarkan sahabat saya Pak Sudirman melakukan pelaporan LHKPN melalui elektronik LHKPN seperti teman-teman tahu bahwa setiap tiga bulan saya melaporkan LHKPN saya dan hari ini melaporkan LHKPN melakukan kordinasi untuk dalam rangkaiam pencalonan, persyaratan dalam pencalonan sebagai Cawapres," kata Sandiaga saat datang ke gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Sandi yang memakai kemeja biru lengan pendek itu berujar, terakhir kali melaporkan pada Juni 2017. Oleh karena itu ia akan mengupdatenya kembali harta kekayaannya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait jumlah hartanya, Sandi enggan membeberkannya. Ia hanya menyampaikan ada perubahan karena bergantung pada kurs dan kondisi pasar modal.

"Terakhir selalu ada perubahan karena jumlah yang dilaporkan itu sesuai dengan kurs dan juga sesuai dengan harga-harga di pasar modal. Jadi karena sebagian besar mungkin 90 persen daripada yang dilaporkan itu tercatat di bursa dan ini juga menjadi perhatian kami," tuturnya.

Diketahui, sebelumnya Sandiaga Uno tercatat memiliki kekayaan sekitar Rp3,8 triliun saat ia melaporkannya kepada KPK pada 29 September 2016 ketika hendak maju di Pilgub DKI Jakarta 2017.

Harta Sandiaga terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai Rp133 miliar. Sedangkan harta bergerak Sandiaga senilai Rp375 juta dan harta bergerak lainnya senilai Rp3,2 miliar.

Sandiaga juga memiliki harta surat berharga senilai Rp3,7 triliun dan US$1,3 juta. Serta punya harta giro dan kas lainnya sebesar Rp12,9 miliar dan US$30,2 juta.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)