logo rilis
Ditanya Inflasi, dengan Tersenyum Cagub Lampung Ini Bilang...
Kontributor
Fatah H Sidik
08 April 2018, 18:37 WIB
Ditanya Inflasi, dengan Tersenyum Cagub Lampung Ini Bilang...
Calon Gubernur Lampung nomor urut 2, Herman HN. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bandarlampung— Calon Gubernur Lampung, Herman HN, tergagap menjawab pertanyaan moderator debat kandidat, Juwendra Asdiansyah, di Ballroom Hotel Novotel, Lampung, Sabtu (7/4/2018) malam.

Mulanya, moderator meminta Herman menjawab cepat terkait pertanyaan yang diajukan. "Pertama, kemiskinan?" tanya Juwendra. "Susah," jawab Herman.

Pertanyaan kedua, pun mudah dijawab politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini. "Lada?" tanya moderator. "Bumbu," timpal Herman.

Namun, saat ditanya inflasi, Herman tampak ragu. "Apa?" sahut dia karena merasa pertanyaan kurang jelas.

"Inflasi?" ucap moderator mengulang pertanyaan. "Usaha," jawab Wali Kota nonaktif Bandarlampung itu tersenyum. Herman mengasumsikan istilah inflasi sama dengan usaha.

Dua pertanyaan lain, pemberdayaan dan Way Kambas, dijawabnya yakin. Herman menilai pembedayaan merupakaan pekerjaan dan Way Kambas adalah tempat wisata.

Sebagai informasi, tiap calon diberikan lima pertanyaan. Semuanya harus dijawab dengan cepat oleh kandidat.

Di sisi lain, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi ialah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa yang berlangsung secara terus-menerus. Jika inflasi meningkat, maka harga barang dan jasa di dalam negeri mengalami kenaikan.

Naiknya harga barang dan jasa menyebabkan turunnya nilai mata uang. Dengan demikian, inflasi dapat juga diartikan sebagai penurunan nilai mata uang terhadap nilai barang dan jasa secara umum.

Sumber: Rilis Lampung


500
komentar (0)