logo rilis
Dispora Banten Akui Pencak Silat Belum Berikan Yang Terbaik di PON
Kontributor

01 April 2018, 01:37 WIB
Dispora Banten Akui Pencak Silat Belum Berikan Yang Terbaik di PON

Serang - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhi Hartawan mengakui bahwa prestasi atlet pencak silat Banten di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) belum memberikan hasil yang terbaik.

"Maka itu, mulai dari tahun kemarin Dispora, DPRD Provinsi Banten dan KONI Banten terus memacu para atlet pencak silat, supaya dapat menciptakan prestasi luar biasa di kancah nasional paling tidak dalam acara PON," katanya saat ditemui usai membuka Festival Pencak Silat Banten, di Pendopo Lama, Kota Serang, Sabtu 31 Maret 2018.

Untuk dapat menciptakan atlet yang berprestasi, dikatakan Deden, pihaknya sengaja melibatkan atlet pencak silat mulai dari tingkatan sekolah dasar sebagai langkah kaderisasi atlet pencak silat.

"Ini kan investasi kita untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan, maka itu dari sekarang kita bina mereka, tumbuhkan kecintaan mereka terhadap dunia persilatan, agar lima tahun kedepan kita punya bibit atlet pencak silat yang luar biasa dan berprestasi di kancah nasional," ujarnya.

Untuk menunjang agar Banten memiliki atlet yang berprestasi, pihaknya bersama dinas pendidikan sejak tahun 2015 sudah menjadikan pencak silat sebagai muatan lokal di sekolah dasar.

"Alhamdulillah kita sudah terapkan pencak silat sebagi mulok kepada adik-adik kita di sekolah dasar. Tinggal nanti untuk pembinaan agar berprestasi dilakukan oleh KONI, IPSI, dan Dispora," ucapnya.

"Kita memiliki target Banten harus bisa menjadi lumbung pesilat yang membuahkan prestasi bagi provinsi banten diri sendiri dan prestasi pada tingkatan nasional pada umumnya," sambung Deden.

Sementara itu Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Banten Rumiah mengatakan dengan adanya festival pencak silat ini bisa menjadikan atlet sejak dini karena, mempersiapkan atlet itu tidak bisa ujug-ujug atau mendadak harus ada perencanaan.

"Sebagai bukti pada acara Popnas kemarin atlet kita berhasil menjadi juara pertama ini sudah menggambarkan ada kemajuan," ucapnya.

Dikatakan Rumiah, jika pada PON di Jawa Barat kemarin atlet pencak silat Banten hanya mampu menyumbangkan medali perunggu, namun dirinya yakin pada PON ke 20 di Papua mendatang atlet pencak silat Banten mampu menyumbangkan emas.

"Pencak silat ini cabang yang sangat diharapakan mampu meraih medali emas, kita menargetkan masuk 10 besar dari posisi sebelumnya di posisi 13," jelasnya.(Rizki).


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID