logo rilis

Diserang Sekutu, Bashar al-Assad katakan Hal Ini ke Trump
Kontributor

15 April 2018, 10:00 WIB
Diserang Sekutu, Bashar al-Assad katakan Hal Ini ke Trump
PM Inggris Theresa May dikabarkan telah menginstruksikan kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris untuk bergerak ke wilayah yang tepat untuk menjangkau serangan ke rezim Bashar al-Assad. FOTO: Dok. AL Inggris via EPA

RILIS.ID, Damaskus— Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan, serangan pimpinan Amerika Serikat ke Suriah menunjukkan kegagalan kekuatan Barat dalam mencapai tujuan mereka di Timur Tengah setelah kekalahan kelompok garis keras dukungan mereka.

Bashar mengeluarkan pernyataan itu dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, seperti dikutip dalam kantor berita negara SANA. Rouhani menelepon Assad setelah serangan pimpinan AS menghantam Suriah.

"Serangan itu terjadi setelah pasukan penjajah, yang mendukung para teroris sadar ketika mereka kehilangan kendali dan mereka kehilangan kepercayaan di depan rakyat mereka sendiri dan dunia," kata Assad.

Ia menyoroti tekad negaranya untuk terus memerangi kalangan teroris di Suriah.

Sementara itu, Rouhani menyatakan kecaman kerasnya atas serangan peluru kendali tersebut, yang dilakukan bersama-sama oleh Amerika Serikat, Inggris dan Prancis. Rouhani juga menekankan dukungan Iran terhadap pemerintah Suriah.

Diketahui, serangan terhadap Suriah terjadi hanya beberapa jam sebelum para ahli dari Organisasi PBB untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW) dijadwalkan mengunjungi Douma pada hari Sabtu untuk menentukan apakah senjata kimia memang digunakan di sana atau tidak.

Pasukan Presien Assad tak tinggal diam digempur AS dan sekutunya. Media pemerintah Damaskus melaporkan sekitar 20 rudal musuh ditembak jatuh oleh sistem anti-rudal Suriah di Damaskus.

Laporan korban jiwa, korban luka maupun kerusakan akibat serangan AS, Inggris dan Prancis hari ini belum diketahui.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)