logo rilis

Disalami Dubes Rusia, Zulhasan: Sejak Bung Karno Kita Bersahabat
Kontributor
Yayat R Cipasang
13 April 2018, 23:08 WIB
Disalami Dubes Rusia, Zulhasan: Sejak Bung Karno Kita Bersahabat
Dubes Rusia Lyudmila Georgievna di Kompleks Parlemen. FOTO: Humas MPR

RILIS.ID, Jakarta— Rusia yang waktu itu masih Uni Soviet dicatat sejarah sebagai sahabat dekat Indonesia. Indonesia sudah bersahabat dan saling menghormati sejak era Bung Karno.

"Kita menghormati kedaulatan Rusia seperti halnya Bung Karno menghormati Uni Soviet waktu itu. Hubungan kita erat, dekat dan saling menguatkan," kata Zulkifli alias Zulhasan saat menerima Dubes Rusia Lyudmila Georgievna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Lyudmila mengamini pernyataan Zulkifli dengan mengatakan Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Rusia pada 1964. Lyudmila mengatakan, antara Rusia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Salah satunya adalah sikap pemerintah yang sama-sama menghargai semua pemeluk agama.

“Di Rusia, umat Islam sangat dilindungi dan diberi kebebasan untuk melaksanakan ibadah dengan baik. Seperti di Indonesia,” ungkapnya. 

Dalam kunjungan pertamanya ke MPR tersebut Lyudmila meminta bantuan Ketua MPR untuk membantu mempererat hubungan kedua negara. Ia juga mengundang, Zulkifli untuk berkunjung ke Rusia dan mengadiri pertemuan parlemen di sana pada Juni mendatang.

Zulkifli menyambut baik keinginan Rusia untuk meningkatkan hubungan kedua negara. “Rusia adalah sahabat yang sangat baik bagi Indonesia,” ujarnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)