logo rilis

Diiringi Parade Perahu Naga, Wali Kota Tangerang Buka Festival Cisadane 2019
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
26 Juli 2019, 20:25 WIB
Diiringi Parade Perahu Naga, Wali Kota Tangerang Buka Festival Cisadane 2019
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Tangerang— Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, membuka Festival Cisadane 2019 di Jalan Benteng Jaya, Benteng Makasar, Tangerang, Banten, Jumat (26/7/2019). Dirinya berharap, event tersebut semakin menumbuhkan rasa persatuan dan kebersamaan masyarakat di Kota Tangerang.

"Dengan memohon rahmat Allah SWT. Dengan mengucapkan bismillah, saya buka Festival Cisadane 2019," kata Wali Kota Arief disambut tepuk tangan ribuan pengunjung di acara tersebut. 

Arief mengatakan, Festival Cisadane merupakan kegiatan akulturasi budaya dan masyarakat Kota Tangerang untuk menjaga dan melestarikan Sungai Cisadane. Karena, menurutnya, Sungai Cisadane selama ini menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. 

"Baik Kota Tangerang, kabupaten, maupun Tangerang Selatan," ujarnya. 

"Maka untuk itu, Sungai Cisadane yang menjadi kekayaan kita semua harus dijaga dan dilestarikan," sambung Arief. 

Arief mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah memasukkan Festival Cisadane dalam Calender of Event Wonderful Indonesia. Pasalnya, baru kali ini festival tersebut masuk dalam Calender of Event Wonderful Indonesia. 

"Dan terima kasih juga kepada Kementerian PUPR," lanjutnya. 

Perhelatan Festival Cisadane 2019 itu sendiri dibuka dengan parade perahu naga dari tiap instansi di Kota Tangerang dan penampilan penari di atas jembatan. Selain itu, atraksi dari barongsai dan fliying board juga turut memeriahkan perhelatan yang akan diselenggarakan dari 26 Juli sampai 3 Agustus 2019 tersebut. 

Dalam event itu, berbagai hiburan tersaji mulai dari pagelaran budaya daerah, lomba perahu naga, atraksi Hoverboard, Jet Ski, hingga gelar karya Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Multikultural Kemenpar, Esthy Reko Astuti, yang turut hadir dalam acara itu mengungkapkan, Festival Cisadane memiliki potensi yang luar biasa bagi pariwisata Kota Tangerang.

Bahkan, menurut Esthy, festival itu juga berpotensi untuk pariwisata nasional. 

"Mungkin nanti kita berharap lebih bisa dikemas dengan paket wisata yang menarik," ungkapnya. 

Esthy juga menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Pemkot Tangerang yang telah menjadikan event Festival Cisadane sebagai salah satu Calender of Event Wonderful Indonesia. Pasalnya, menurut dia, tidak mudah sebuah event bisa masuk dalam. Calender of Event Wonderful Indonesia. 

"Ini luar biasa. Untuk masuk Calender of Event Wonderful Indonesia itu ada beberapa hal. Pertama cultural atau kreatifitas. Tadi cerita Pak Wali Kota luar biasa kreasinya. Kedua komersial dan komunikasi. Dan ketiga konsistensi," jelas Esthy. 

Dia berharap, seluruh masyarakat di Kota Tangerang bisa berkomitmen untuk menjaga festival tersebut. Tak hanya itu, Sungai Cisadane sebagai lokasi event juga harus terus dijaga dan dilestarikan. 

"Tadi kami sampaikan kepada Pak Wali Kota, tidak hanya warga Kota Tangerang yang wajib menjaga Sungai Cisadane ini. Tapi semua warga yang bersentuhan dengan aliran sungai ini," pungkasnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID