logo rilis
Digugat Soal Swastanisasi Air, Anies: Kita Akan Taati!
Kontributor
Afid Baroroh
22 Maret 2018, 20:58 WIB
Digugat Soal Swastanisasi Air, Anies: Kita Akan Taati!
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akan menaati putusan Mahkamah Agung terkait gugatan swatanisasi air. Sementara, Koalisi Masyarakat Menolak Swastanisasi Air Jakarta (KMMSAJ) mengajukan empat tuntutan terkait swatanisasi air.

"Intinya, kita yang namanya warga negara, apalagi penyelenggara negara, harus mentaati semua putusan Mahkamah Agung. Kita akan taati," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Terkait empat tuntutan KMMSAJ, pertama adalah mencabut Surat Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 3126/072. Kedua, meminta pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melaksanakan pengelolaan air sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai hak asasi atas air. Ketiga, pembentukan kelembagaan dan mekanisme pengawasan pengelolaan air oleh publik. 

Selanjutnta, pemerintah harus melibatkan masyarakat, termasuk perempuan dan kelompok marginal lainnya dalam pengelolan air. Terakhir, sekaligus yang terpenting adalah, pemerintah harus menaati putusan Mahkamah Agung Nomor 31/PDT/2017. Sebab, pengelolaan air harus menjamin Hak Asasi Manusia (HAM). 

Hal itu, sudah diatur dalam konstitusi dan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional dan Tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. 

Editor: Intan Nirmala Sari


komentar (0)