logo rilis
Digadang Jadi Ketua DPR, Puan: Alhamdulillah Saya Terpilih....
Kontributor
Nailin In Saroh
25 Juni 2019, 20:00 WIB
Digadang Jadi Ketua DPR, Puan: Alhamdulillah Saya Terpilih....
Puan Maharani, FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP (nonaktif) Puan Maharani mengaku mendapat suara tertinggi dalam gelaran pemilu legislatif dari partai banteng. Kendati begitu, ia belum mengetahui apakah dirinya bakal menempati kursi puncak di parlemen.

Meski digadang menjadi Ketua DPR RI, Puan mengatakan dirinya menyerahkan kepada Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum (Ketum) partai berlambang banteng moncong putih itu untuk menugaskan siapa yang akan duduk sebagai pimpinan DPR RI nanti.

Hal itu sesuai aturan Undang-undang MD3 (MPR,DPR,DPD, dan DPRD) bahwa pemenang pemilu otomatis akan menjadi pimpinan (ketua) DPR RI. Sehingga, pimpinan DPR RI sebanyak lima kursi dan akan diduduki kelima Parpol yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu 2019. 

“Alhamdulillah saya terpilih menjadi anggota DPR RI dengan suara terbanyak nasional. Tapi, soal siapa yang akan menjadi Ketua DPR RI, kita serahkan pada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri,” ujar Puan kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (25/6/2019).

Untuk itu, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan itu mengimbau agar tidak mengabarkan soal kursi ketua DPR sebelum penunjukan resmi oleh Megawati.

“Kita tunggu hingga September mendatang,” pungkas Puan singkat.

Berdasarkan UU Nomor 2/2018 tentang MD3, kursi ketua DPR diberikan kepada partai politik dengan raihan suara terbanyak.

Komisi Pemilihan Umum sebelumnya menetapkan PDI Perjuangan memperoleh suara terbanyak yakni 19,3 persen atau 27.053.961 suara pada Pileg 2019.

Puan Maharani yang saat ini menjabat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memperoleh suara terbanyak Pemilu Legislatif 2019. Ia dipastikan lolos ke Senayan setelah mengantongi suara terbanyak yakni 404.304 suara dari daerah pemilihan Jawa Tengah V meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID