logo rilis
Diberitakan Sebut Haiti 'Lubang Kotoran', Trump Tak Mau Dibilang Rasis
Kontributor
Syahrain F.
15 Januari 2018, 13:42 WIB
berita
Presiden AS Donald Trump. FOTO: Getty Images/Win McNamee

RILIS.ID, Florida— Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membela diri setelah publik dunia mengecam pernyataan kasarnya terhadap negara Afrika. 

Seperti diberitakan oleh media-media AS, dalam sebuah rapat tertutup, Trump beberapa hari lalu menyebut Haiti dan negara-negara Afrika sebagai "lubang kotoran".

Pernyataannya itu sontak direspons keras oleh politisi-politisi AS dan publik dunia. Mereka mempertanyakan, apakah AS—negara yang terdiri dari bermacam etnis—dipimpin seorang rasis?

"Tidak, tidak, saya bukan seorang rasis," ucap Trump membela dirinya dari pertanyaan wartawan. 

"Saya adalah orang paling tidak rasis yang pernah Anda wawancarai. Saya jamin itu," lanjutnya.

Pernyataan itu terlontar dari mulut Trump ketika ia menggelar rapat dengan enam senator, membahas isu imigrasi.

Dilansir dari kantor berita Associated Press, seseorang di ruangan itu membeberkan kata-kata dan pandangan Trump yang mengarah ke sikap rasisme selama pertemuan itu berlangsung.

Trump ketika itu tidak setuju apabila AS menerima pengungsi dari Haiti. Ia justru lebih memilih mendatangkan imigran dari Norwegia, yang notabene didominasi penduduk berkulit putih.

Pihak Gedung Putih bahkan tidak menyangkal pemberitaan heboh mengenai ucapan Trump itu.

Namun, sejumlah senator yang menghadiri pertemuan itu mengatakan bahwa Trump tidak menyebut "lubang kotoran" ketika mendeskripsikan Haiti.

"Saya katakan kepada Anda, dia (Trump) tidak menggunakan kata ("as*h*le") itu. Dan saya juga katakan kepada Anda, itu adalah kesalahpahaman yang buruk," ucap Senator dari Partai Republik David Perdue kepada jurnalis ABC.

Dalam Twitter-nya, Trump menulis pernyataan yang berupaya meyakinkan publik bahwa dirinya tidak memiliki masalah dengan Haiti.

"Saya memiliki hubungan yang luar biasa dengan orang-orang Haiti. Sepertinya saya perlu merekam rapat selanjutnya. Disesali, tidak dapat dipercaya (pemberitaan soal ucapan 'lubang kotoran')," cuit Trump.

Tags
#donald trump
#haiti
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)