logo rilis
Dibanding Orang Dewasa, Leukimia pada Anak Bisa Lebih Cepat Sembuh
Kontributor
Ning Triasih
06 September 2018, 22:00 WIB
Dibanding Orang Dewasa, Leukimia pada Anak Bisa Lebih Cepat Sembuh
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Kanker darah atau leukimia tak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Kabar baiknya, penyembuhan kanker pada belia lebih cepat.

Hal itu diungkapkan Konsultan Hematologi Parkway Cancer Centre (PCC) Singapura, Dokter Colin Phipps Diong, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Ia mengatakan, biasanya kanker darah yang menimpa anak-anak adalah leukemia akut, sementara orang dewasa sering terkena limfoma yang mempengaruhi kelenjar getah bening. Selain tipe kanker, proses penyembuhan antara pasien belia dan dewasa juga berbeda. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih cepat sembuh.

"Anak-anak lebih kuat, oleh karena itu mereka bisa menjalani banyak terapi dan perawatan, proses penyembuhannya juga lebih cepat," kata Colin seperti dilansir dari ANTARA.

Sebaliknya, pada orang dewasa, proses penyembuhan relatif lebih lama dibandingkan pasien anak-anak. Menurut Konsultan Senior Hematologi Parkway Cancer Centre Dr Lim ZiYi, prevalensi kanker darah lebih sering terjadi pada orang dewasa. Semakin tua, risiko terkena kanker darah semakin besar.

"Usia 60 tahun ke atas semakin besar risikonya," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, Kanker darah bukanlah penyakit yang diturunkan dari keluarga. Penanganan yang tepat dari diagnosis akurat membuat peluang sembuh makin besar, ditambah faktor teknologi ilmu kedokteran yang semakin canggih.

Kanker darah bisa dideteksi dengan tes darah yang menyeluruh, juga dilihat dari gejala-gejala seperti demam berkepanjangan, keringat dingin pada malam hari, kelelahan yang tak kunjung hilang, berat badan menurun drastis, serta pembengkakan kelenjar getah bening.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID