logo rilis
Di Pasar Rejowinangun, Ada Makanan Mengandung Bahan Berbahaya
Kontributor
Fatah H Sidik
04 Juni 2018, 20:44 WIB
Di Pasar Rejowinangun, Ada Makanan Mengandung Bahan Berbahaya
Badan POM. ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Magelang— Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Tengah menemukan produk makanan ringan mengandung bahan kimia berbahaya di Pasar Rejowinangun, Magelang. Hal tersebut, berdasarkan hasil penelitian sampel makanan yang diambil.

Petugas mengambil 31 sampel makanan diambil secara acak dari pedagang. Dua jenis makanan, rengginang singkong dan selondok, mengandung Rhodamin B atau zat pewarna sintetis yang biasa dipakai sebagai pewarna tekstil. Sedangkan ikan asin, teri nasi, dan cumi-cumi, mengandung formalin sebagai pengawet.

Meski begitu, kata Staf Bagian Layanan Informasi Konsumen BPOM Jateng, Eni Zuniati, pihaknya tak lagi menemukan zat pewarna berbahaya pada beberapa jenis makanan dan minuman ringan. Gula kelapa dan cendol dawet, misalnya.

"Pada tahun lalu, kami uji produk makanan itu masih menggunakan pewarna yang mengandung Rhodamin B. Tetapi tahun ini, rupanya sudah menggunakan pewarna khusus makanan yang aman bagi manusia," ujarnya di Magelang, Jatim, Senin (4/6/2018).

Atas temuan tersebut, BPOM akan menyurati Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan Magelang. Surat ditembuskan ke  Wali Kota.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu, dan Gizi Pangan, pemerintah kabupaten/kota berwewenang menindaklanjuti hasil temuan BPOM.

Pemeriksaan makanan itu dilakukan, guna menjamin masyarakat mendapatkan barang kebutuhan yang layak konsumsi, apalagi mendekati Lebaran.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)