logo rilis
​Di Kebumen, Cabai Ditanam di Bawah Cemara dan Kelapa
Kontributor
Fatah H Sidik
21 April 2018, 18:16 WIB
​Di Kebumen, Cabai Ditanam di Bawah Cemara dan Kelapa
Tim Upsus Cabai Ditjen Hortikultura Kementan meninjau lokasi pertanaman cabai Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (21/4/2018). FOTO: Ditjen Hortikultura

RILIS.ID, Kebumen— Tak perlu lahan luas untuk membudidayakan aneka cabai berskala ekonomi. Kelompok Tani Sumber Rejeki di Desa Sumberjati, Kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, membuktikannya.

Di sana, cabai ditanam di lokasi budi daya kelapa dan pohon cemara, mengingat daerahnya berada di pantai selatan. Bahkan, kata Ketua Poktan Sumber Rejeki, Tunggal Ari Wibowo, sistem pertanaman tersebut menjadi ikon sistem budi daya cabai di Kebumen.

"Kecamatan Ambal saat ini ada pertanaman seluas 30 hektare yang siap panen di Ramadan dan Lebaran dengan potensi pengembangan seluas 100 hektare," ujarnya saat dikunjungi Tim Ditjen Hortikultura Kementan, Sabtu (21/4/2018).

"Kami siap mendukung pemerintah menstabilkan harga dan pasokan," imbuh petani binaan Ditjen Hortikultura (champion) ini.

Pada kesempatan sama, Kepala Subdirektorat Aneka Cabai dan Sayuran Direktorat STO, Agung Sunusi, mengatakan, konsep pertanaman tersebut sesuai harapan pemerintah. "Selain pengaturan pola tanam, kita perlu dukungan para petani yang berjiwa Merah-Putih," katanya.

Apalagi, lanjut Agung, produktivitas aneka cabai di Desa Sumberjati cukup tinggi, 2,5 kilogram per tanaman. "Ini harus dikembangkan dan menjadi contoh petani-petani dari daerah lain," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi Hortikultura Dinas Pertanian Kebumen, Indah Budikristanti, menerangkan, pengembangan aneka cabai di wilayahnya tak cuma di sepanjang pantai selatan. Seperti di Kecamatan Karanggayam, misalnya.

Di sana, ada demplot budi daya dengan bantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kebumen. "Ini bukti dukungan kami terhadap kebijakan pemerintah pusat," pungkasnya.


500
komentar (0)