logo rilis
Di Depan 315 Perwira Kostrad, Menhan Ingatkan Ancaman Terorisme
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
22 Mei 2018, 12:16 WIB
Di Depan 315 Perwira Kostrad, Menhan Ingatkan Ancaman Terorisme
Ryamizard Ryacudu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengingatkan kepada seluruh perwira Kostrad terkait adanya ancaman nyata, yakni terorisme dan radikalisme. Saat ini, kata Ryamizard, kelompok teroris itu sudah masuk pada generasi ketiga. 

"Penanganan ancaman ini memerlukan komitmen dan tindakan bersama yang konkret dan serius," kata Ryamizard di Markas Divif 1 Kostrad Cilodong, Jawa Barat, Selasa (22/5/2018). 

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menjelaskan, generasi pertama adalah kelompok teroris Al Qaeda yang pada 2001 menyerang Gedung WTC di Amerika Serikat. Kelompok Al Qaeda itu kemudian langsung menjadi ancaman diberbagai belahan dunia baik di Asia, Afrika, Timur Tengah dan Eropa. 

"Kemudian ancaman teroris generasi kedua adalah ISIS setelah Abu Bakar Al Bagdadi mengumumkan pembentukan khilafah dan Negara ISIS pada bulan Juni 2014," ujarnya. 

Saat ini, imbuh mantan Pangkostrad itu, para teroris termasuk dalam generasi ketiga. Yakni, pejuang-pejuang yang kembali dari Suriah. 

"Ini yang kita hadapi sekarang. Terorisme generasi ketiga," pungkasnya. 
 

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)