logo rilis
Di Deklarasi Relawan, Jokowi: Saya Bukan PKI dan Antek ’Aseng’
Kontributor
gueade
03 November 2018, 19:23 WIB
Di Deklarasi Relawan, Jokowi: Saya Bukan PKI dan Antek ’Aseng’
Joko Widodo. ILUSTRASI: RILIS.ID/ Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut isu dirinya anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak masuk akal.

Isu ini menurut dia menyerang setiap menjelang pemilihan presiden (pilpres) sejak empat tahun lalu.
"Buat isu itu yang cerdas. Isu-isu enggak masuk akal dilempar, tapi ya ada juga yang percaya," kata Jokowi. 

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) di Hotel Fairmont, Senayan, Sabtu (3/11/2018).

Ia mengatakan PKI dibubarkan pada 1965, sementara dia baru baru lahir tahun 1961.

Hoaks makin kuat karena beredar foto orang serupa Jokowi berdiri di dekat Ketua Umum PKI DN Aidit ketika berpidato 1955.

"Pidato 1955, saya lahir saja belum, kok mendampingi dia (Aidit)," tutur Jokowi sambil tertawa dalam acara yang juga disiarkan live di salah satu televisi swasta.

Jokowi juga curhat dirinya diserang tudingan antek aseng (China). Isu bermula dari kesepakatan awal ia bersama Presiden China Xi Jinping mengenai kehadiran 10 juta wisatawan China ke Indonesia. 

Ia sebaliknya mengatakan masyarakat harus menyadari sekitar 80 ribu-200 ribu TKI banyak tersebar di kawasan China, Hongkong, dan Taiwan.

"Antek aseng di mana? Kalau dibalik, TKI kita di sana lebih banyak berarti kan antek Indonesia di sana. Kalau bicara antek-antekan," katanya. (*)

 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID