Home » Ragam

Deta Alangbabega dan Keris Sakatimuno untuk Cak Imin

print this page Rabu, 6/12/2017 | 19:09

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat menerima Deta Alangbabega dan Keris Sakatimuno. FOTO: Instagram/Cak Imin.

RILIS.ID, Jakarta— Senyum merekah dari wajah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin begitu menerima apresiasi dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM). Hal itu terlihat dari foto yang unggahannya di Instagram pribadinya, Rabu (6/12/2017).

Melalui akun Instagram tersebut, Cak Imin mengungkapkan jika dirinya diangkat sebagai Anggota Kehormatan oleh LKAAM sekaligus menerima Deta Alangbabega dan Keris Sakatimuno.

"Ternyata aku mendapat berkah diangkat sebagai Anggota Kehormatan dari LKAAM," ungkap Cak Imin di Instaram.

Lebih lanjut Cak imin mengatakan, selain diangkat sebagai Anggota Kehotmata, ia juga diberi Deta Alangbabega serta Keris Sakitimuno. 

Deta sendiri adalah ikat kepala yang dipakai pria Minangkabau. Ikat kepala tersebut dianggap sebagai wibawa dan identitas pemuda di sana pada waktu itu.

 

 

A post shared by Cak Imin (@a.muhaimin.iskandar) on

 

"Deta (ikat kepala) Alangbabega (menyimbolkan pemimpin, yang mampu memantau keadaan rakyat secara luas, seperti layaknya burung elang yang berputar-putar," jelas Cak Imin.

Sementara Keris Sakitimuno, Panglima Santri Nusantara itu menjababarkan jika keris tersebut menyimbolkan pemimpin yang bersahaja dan tenang, tetapi siaga dan berani menghadapi segala tantangan.

"Menjemput aspirasi, malah diberi penghargaan.. nasiiib," tandasnya.

Penulis Ning Triasih

Tags:

Muhaimin IskandarCak IminLKAAMMinangkabauDeta AlangbabegaKeris Sakatimuno