logo rilis
Deretan Teror Bom di Indonesia dalam Tiga Tahun Terakhir
Kontributor
Ning Triasih
14 Mei 2018, 11:05 WIB
Deretan Teror Bom di Indonesia dalam Tiga Tahun Terakhir
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Usai tragedi Bom Bali pada 2002 silam, teror demi teror bom terus terjadi di Indonesia. Jika pada Minggu (13/5) kemarin melanda tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), terbaru, ledakan bom kembali terjadi di Porestabes Subaraya, Senin (14/5/2018).

Ya, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, terhitung dari 2016 sampai 14 Mei 2018, setidaknya terjadi empat kali teror bom. Berikut rangkumannya dihimpun rilis.id dari berbagai sumber:

Bom Sarinah (2016)

Tepatnya pada Kamis, 14 Januari 2016 sekitar pukul 11.40 WIB lalu, ledakan bom dan baku tembak terjadi di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Kala itu, sebuah ledakan terdengar di Starbucks Cafe, Gedung Cakrawala, Sarinah. Berselang beberapa detik kemudia, ledakan kembali terjadi di pos lalu lintas depan Sarinah. Pelaku teror bahkan menggenggam senjata api, sehingga tak lama kemudian terjadi baku tembak  antara beberapa pelaku teror dengan aparat kepolisian.

Teror bom ini menewaskan para pelaku dan empat korban warga sipil, serta sebanyak 25 korban luka-luka. Ada pengakuan dari pihak ISIS bahwa mereka adalah dalang di balik aksi teror tersebut.

Bom Kampung Melayu (2017)

Bom bunuh diri terjadi di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur pada Rabu, 24 Mei 2017 malam. Kala itu, bom meledak di sekitar toilet umum dan halte Trans Jakarta. Ledakan itu terjadi dua kali dan menewaskan tiga polisi yang berjaga, serta menyebabkan belasan orang lainnya luka-luka.

Bom Gereja Surabaya (2018)

Terjadi ledekan di tiga gereja berbeda di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), diantaranya Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI di Jalan Diponegoro, serta Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuno. Dari bom bunuh diri ini, setidaknya belasan korban termasuk anggota kepolisian meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka.

Bom Polrestabes Surabaya (2018)

Baru berselang sehari pasca bom di tiga Gereja Surabaya Minggu kemarin, ledakan bom bunuh diri kembali terjadi di kota Serupa. Kali ini menimpa Polrestabes Surabaya. Titik ledakan bom kendaraan bermotor ini tepat di pintu masuk pos penjagaan Polrestabes Jatim. Aksi teror ini terjadi sekitar pukul 08.50 WIB.


500
komentar (0)