logo rilis
Demokrat Yakin Poros Ketiga Bisa Terwujud, Begini Caranya
Kontributor
Nailin In Saroh
24 April 2018, 12:32 WIB
Demokrat Yakin Poros Ketiga Bisa Terwujud, Begini Caranya
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, partainya bisa mewujudkan pembentukan poros ketiga pada Pilpres 2019. Apabila, disepakati dengan partai-partai politik lain.

Menurut Agus, Demokrat masih memiliki banyak pilihan terkait pengusungan Capres dan cawapres baik di internal maupun di luar kubu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. 

"Dalam hal ini mempunyai pilihan yang paling banyak. Bisa menciptakan poros ketiga, tentunya apabila disepakati dengan partai-partai yang lain," ujar Agus di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Lagipula, menurutnya, para calon yang sudah ada belum mendaftarkan diri secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum. Sehingga dimungkinkan adanya poros ketiga bahkan pengalihan dukungan.

"Kita ketahui bahwa seluruh Parpol belum ada yang betul-betul secara sah menyampaikan ke KPU, baik capres maupun cawapres. Ada juga deklarasi tetapi masih terbatas dari capres saja," jelasnya.

Demokrat, tambah Agus, bisa juga mendukung salah satu calon yang sudah ada. Namun, perlu dipikirkan secara matang oleh partai berlambang mercy itu.

"Bisa juga mendukung salah satu poros yang ada. Dan tentunya ini pun tergantung daripada koordinasi-koordinasi yang sekarang dilaksanakan. Sekarang ini memang full coordination. Sehingga semuanya harus diputuskan secara mantap," tukasnya.

Sebelumnya, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, kemungkinan adanya pembentukan poros ketiga pada Pilpres 2019 akan terwujud, jika ada ajakan serius dari parpol untuk ditindaklanjuti.

"Kalau ada ajakan serius, tidak ada sesuatu yang mustahil, termasuk membentuk poros ketiga," ujar Saleh di Jakarta, Selasa (24/4).

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)