logo rilis
Demokrat Tegaskan Rekrutmen Caleg Sumbar Harus Profesional
Kontributor
Zul Sikumbang
06 April 2018, 12:51 WIB
Demokrat Tegaskan Rekrutmen Caleg Sumbar Harus Profesional
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Barat Mulyadi menegaskan, untuk rekrutmen calon legislatif tingkat provinsi maupun kabupaten/kota akan dilakukan secara profesional. Hal itu dikarenakan Partai Demokrat ingin meraih kemenangan sebesar-besarnya di Provinsi Sumbar.

“DPD Partai Demokrat Sumbar menargetkan raihan kursi DPRD Provinsi Sumbar tidak kurang dari 13 kursi. Sehingga dalam rekrutmen caleg harus profesional, bukan berdasarkan lobi-lobi. Pola rekrutmen yang dilakukan di provinsi juga akan diterapkan untuk calon legislatif tingkat kabupaten/kota,” kata Mulyadi saat dihubungi rilis.id, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Selain rekrutmen yang profesional, DPD Demokrat Sumbar juga akan menerapkan pola rekrutmen berdasarkan hasil survei internal partainya.

“Petahana tetap menjadi prioritas sedangkan tambahannya diseleksi berdasarkan survei,” kata anggota DPR RI itu.

Oleh karena itu, bila ingin menjadi caleg dari Partai Demokrat, harus segera melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Bagi yang ingin menjadi calon anggota legislatif melalui Partai Demokrat baik DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota mulai sekarang harus mensosialisasikan dirinya di masing-masing daerah pemilihan, di tengah-tengah masyarakat, yakinkan masyarakat bahwa dirinya dapat dipercaya dan mampu berbuat pada saat telah terpilih menjadi anggota DPRD nanti,” tegas Mulyadi.

Namun, ia menyarankan calon legislatif DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota saat mensosialisasikan dan meyakinkan masyarakat tidak berjanji yang muluk-muluk.

“Sampaikan janji-janji yang rasional, yang dapat dipenuhi nanti. Jangan membuat janji-janji yang aneh-aneh dan tidak masuk akal hanya karena sangat ingin terpilih. Hal mendasar yang harus diingat adalah menjadi wakil rakyat adalah sebuah tanggung jawab besar, bukan seperti melamar pekerjaan,” kata Mulyadi.

Selain itu, calon legislatif dari Partai Demokrat juga diminta untuk menandatangani pakta integritas sebelum diusulkan ke KPUD.

“Calon-calon legislatif dari Partai Demokrat sebelum diusulkan sebagai calon Partai Demokrat ke KPUD harus menandatangani Pakta Integritas. Karena kami ingin dapat jaminan bahwa calon-calon tersebut begitu terpilih betul-betul amanah dan menjaga nama baik Partai Demokrat,” ujarnya.

Terakhir, sebagai ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, dirinya akan meminta laporan dari seluruh DPC Partai Demokrat se-Sumbar terkait target perolehan kursi.

“Saya akan meminta seluruh Ketua DPC menyampaikan target perolehan kursi DPRD masing-masing kabupaten/kota dan bagaimana cara dan indikator untuk mencapai target tersebut,” pungkas Mulyadi.

Editor: Sukma Alam


500
komentar (0)