logo rilis

Demi Palestina Merdeka, Ini yang Dilakukan PDIP
Kontributor
Sukma Alam
19 April 2018, 02:47 WIB
Demi Palestina Merdeka, Ini yang Dilakukan PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— PDI Perjuangan (PDIP) menggagas kerja sama antarpalemen yakni antara DPR RI dan Parlemen Palestina. Kerja sama itu bertujuan untuk bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan negara Palestina.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan, kerja sama tersebut nantinya, DPR RI dan Parlemen Palestina akan menggalang kekuatan dari parlemen negara-negara lain yang menolak penjajahan Israel atas negara Palestina.

Menurut Hasto, kerja sama antarparlemen ini merupakan saluran baru untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina yang selama ini hanya mengandalkan Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

"Kerja sama antarparlemen atau joint committee ini juga antarparlemen negara lain khususnya negara-negara Asia dan Afrika," kata Hasto, Kamis (18/4/2018).

PDIP, kata dia, juga mengusulkan kerja sama antarpolitisi dua bangsa, yakni dalam bentuk pelatihan bersama.

Menurut Hasto, kerja sama antarpolitisi ini adalah hal positif mengingat PDIP sebagai partai politik terus berproses menyiapkan pemimpin yang memiliki wawasan internasional dan tugas-tugas yang telah dirintis bangsa Indonesia dalam
diplomasi internasional untuk kemerdekaan Palestina.

"Penyelesaian Palestina secara menyeluruh tanpa Yerusalem tidak ada artinya," katanya.

Ia menambahkan, kantor DPP PDI Perjuangan dan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, adalah rumah bagi rakyat Indonesia.

Kantor PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro Jakarta, kata dia, juga menjadi rumah bersama untuk sama-sama memperjuangkan kedaulatan politik bagi Palestina.

"Gagasan PDI Perjuangan untuk terus membantu memerdekakan Palestina dilandasi prinsip bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, yang merupakan amanah pendiri negara Indonesia," katanya.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)