logo rilis
Demi Keselamatan Penumpang, BNN Periksa Urine Pilot dan Awak Pesawat
Kontributor
Kurniati
06 Juni 2018, 18:15 WIB
Demi Keselamatan Penumpang, BNN Periksa Urine Pilot dan Awak Pesawat
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Batam— Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau akan memeriksa urin pilot, nakhoda serta awak pesawat dan kapal, untuk memastikan tidak ada yang mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan selama Operasi Ketupat berlangsung.

"Pemeriksaan urin berlanjut terus, dalam rangka Operasi Ketupat," kata Kepala BNN Kepri, Richard Nainggolan usai pemeriksaan urin pilot dan pramugari di Batam, Rabu (6/6/2018).

Pada Rabu pagi hingga siang, tim BNN sudah memeriksa awak pesawat dari maskapai penerbangan Lion Air, Citilink dan Wings Air dan hasilnya tidak ada yang menggunakan zat-zat berbahaya.

Ia mengatakan, pemeriksaan tes urin selama Operasi Ketupat bertujuan untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan kesematan kepada pemudik yang menggunakan jasa angkutan.

"Dengan memeriksa awaknya, dengan meyakinkan mereka tidak menggunakan narkoba, maka mereka bisa mengawal pesawat, kalau sehat dan bersih tanpa menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia membenarkan penemuan tiga orang awak kapal yang diduga menggunakan narkoba.

"Ada tiga orang, terindikasi menggunakan jenisnya sabu-sabu," kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi mengatakan tiga orang awak kapal terindikasi menggunakan narkoba, dalam pemeriksaan urin di Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam.

"Tiga orang terindikasi menggunakan narkoba, dan sudah diamankan, tidak boleh berangkat," kata Kapolda.

Satuan Narkoba Polresta Barelang, bersama pihak terkait memeriksa urin nakhoda dan anak buah kapal sebelum menjalankan kapal dalam arus mudik Lebaran 2018.

Tes dilakukan secara acak kepada nahkoda yang dicurigai. "Ambil sampel saja dapat tiga," ungkapnya.

Selanjutnya, aparat kepolisian akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada tiga nahkoda tersebut.

Kapolda mengatakan, pemeriksaan urin yang dilakukan jajarannya merupakan wujud kepedulian polisi dan aparat terkait untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Kami antisipasi sejak awal dalam mudik Lebaran, memastikan mobilisasi menggunakan moda transportasi aman. Menjamin, kapal dinakhodai oleh orang-orang yang clean dan clear narkoba," kata dia.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)