logo rilis
Dekorasi Paskah di Katedral Ramah Lingkungan
Kontributor

14 April 2017, 14:44 WIB
Dekorasi Paskah di Katedral Ramah Lingkungan
Dekorasi di Katedral yang ramah lingkungan. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Gereja Keuskupan Agung Jakarta dalam perayaan Paskah 2017 ini, tidak menggunakan bahan plastik melainkan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang untuk dekorasi.

Hal ini sebenarnya bukan hal baru karena sejak beberapa tahun terakhir penggunaan bahan ramah lingkungan untuk dekorasi Paskah sudah dimulai seiring imbauan Paus Fransiskus dan Uskup Mgr. Ignatius Suharyo.

Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwandie di Jakarta, Jumat (14/4/2017) mengatakan penggunaan bahan ramah lingkungan dan daur ulang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan lebih berkeadilan.

"Makanya kami mengurangi bahan plastik dan menghilangkan styrofoam sebagai bahan baku utama dekorasi dan memanfaatkan barang bekas," kata Susyana.

Beberapa bahan yang digunakan di antaranya batang kayu untuk salib utama, papan kayu bekas dan kombinasi bahan flexi agar lebih tahan dari cuaca untuk tanda penunjuk arah, backdrop taman Getsaemani, dan Gerbang Paskah, hingga cangkang telur yang diwarnai, kertas untuk burung dan ranting kering.

"Pengerjaannya ini memakan waktu sekitar tiga bulan. Karena kami mengerjakannya secara bersama-sama," ucap dia.

Seperti tema "Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab" yang diusung pada Paskah tahun ini, dekorasi juga tak lepas dari semangat kebhinekaan.

Di antaranya ada dekorasi Burung Garuda Pancasila lengkap dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang diletakkan di samping pintu keluar Gereja yang mengarah ke Goa Maria.

Selain itu terlihat juga dekorasi seperti umumnya perayaan Paskah seperti Bukit Kalvari, Taman Getsemani, dan Pohon Telur Paskah.


#paskah
#jumat agung
#ramah lingkungan
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID