logo rilis
Data Pengguna Facebook di Indonesia Dikhawatirkan Disalahgunakan
Kontributor
Fatah H Sidik
25 Maret 2018, 23:05 WIB
Data Pengguna Facebook di Indonesia Dikhawatirkan Disalahgunakan
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis (kiri) memberikan laporan kepada Pimpinan Rapat Paripurna Fadli Zon terkait Uji Kelayakan calon Panglima TNI di Kompleks Parlemen, Jakarta, 7 Desember 2017. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, khawatir, penyalahgunaan data pengguna Facebook di luar negeri terjadi di Indonesia. Apalagi, bos Facebook, Mark Zuckerberg mengakui adanya kebocoran data pengguna.

"Ini jelas-jelas melanggar privasi. Kita tidak tahu dan tidak ada jaminan, bagaimana dengan data pengguna Facebook di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima rilis.id di Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Baca: CEO Facebook Bicara soal Pencurian Data Pengguna

Kejadian itu, menurutnya, harus membuat semua media sosial menjaga privasi dan data pengguna. Mereka harus memiliki sistem pengamanan, sehingga pengguna merasa nyaman dan tak khawatir data pribadinya digunakan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

"Facebook harus bertanggung jawab. Selain menelusuri penyebab kebocoran, Facebook harus mampu memastikan bahwa ke depan tidak akan terulang kembali kejadian yang mencederai kepercayaan penggunanya," pintanya.

Kata Kharis, instansi pemerintah serta perusahaan di Indonesia harus menyimpan data pribadi masyakarat, agar kejadian tersebut tak terulang. Mereka juga harus memastikan adanya akses dari pihak tak berkepentingan. Sedangkan publik, diminta waspada dengan tak membagikan data pribadi kepada pihak tak berkepentingan.


500
komentar (0)