logo rilis
Dari 17, Jokowi Lantik 9 Gubernur Terpilih Pilkada 2018
Kontributor

05 September 2018, 11:01 WIB
Dari 17, Jokowi Lantik 9 Gubernur Terpilih Pilkada 2018
Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta— Presiden RI Joko Widodo melantik sembilan pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada 2018 pada Rabu (5/9/2018) pagi di Istana Negara pukul 10.00 WIB.

Mengapa cuma sembilan pasang gubernur dan wakil gubernur? Bukannya pilkada kemarin diikuti 17 provinsi, di mana harusnya ada 17 pasang kepala daerah dan wakilnya yang dilantik.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, sebagaimana ketentuan undang-undang, masa jabatan kepala daerah dan wakilnya tak bisa dikurangi atau ditambah biar hanya satu hari. Karena itu, pelantikan disesuaikan dengan masa akhir jabatan mereka.

"Hasil pilkada serentak tahun ini ada 17 provinsi, akan kami ajukan 4-5 tahap," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Istana Negara.

Tahap pertama, kata dia, ada sembilan pasang gubernur dan wagubnya yang dilantik hari ini. Karena, kata dia, tidak ada masalah mendasar seperti gugatan ke MK. Dan, masa jabatan kepala daerah periode sebelumnya juga sudah selesai.

Tahap kedua, antara tanggal 17 - 27 September. Di antaranya Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Masa jabatan para gubernur serta wagub tersebut selesai pada 17 September mendatang.

"Tahap ketiga, keempat dan kelima, mungkin baru berlangsung tahun depan. Karena, ada daerah seperti Jatim yang baru selesai di awal tahun, begitu juga Lampung yang habis Pilpres 2019, sekitar Juni tahun depan," tambah dia.

Adapun, sembilan kepala daerah dan wakilnya yang dilantik hari ini adalah:

1. Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalimantan Barat)
2. Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sulawesi Tenggara)
3. Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulawesi Selatan)
4. Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua)
5. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Jawa Barat)
6. Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumatera Utara)
7. Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Nusa Tenggara Timur)
8. Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali)
9. Ganjar Pranowo-Taj Yasin (Jawa Tengah).




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID