Home » Peristiwa » Nasional

Dapat Kabar Setya Novanto Mundur, Agung Laksono 'Senang'

print this page Sabtu, 2/12/2017 | 18:46

Setya Novanto saat akan diperiksa penyidik KPK. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Kosgoro 1957 Agung Laksono mengapresiasi langkah Setya Novanto yang dikabarkan akan mundur dalam minggu ini. Novanto akan melepas jabatannya dari ketua umum partai dan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Saya kira itu sebuah langkah yang patut diapresiasi karena berarti beliau menghargai upaya proses hukum yang akan dihadapinya," katanya di Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Kendati begitu, ia memandang Setya Novanto seharusnya lebih mendahulukan citra partai Golkar. Oleh sebab itu, Agung mengimbau Novanto terlebih dahulu mundur sebagai ketua umum partai daripada sebagai ketua DPR.

"Saya kira tentu lebih baik, bagi kami, di Partai Golkar (lebih dulu). Nanti setelah itu DPR. Asal tidak terlalu lama," paparnya.

Lebih jauh, menurutnya, Novanto merupakan orang yang kooperatif dalam hukum. Termasuk dalam hal aturan partai. Oleh karenanya, Agung yakin Novanto juga akan rela melepas jabatannya.

"Dia kooperarif juga. Saya yakin sebagai seorang negarawan sebagai pimpinan partai yang hadapi masalah hukum, kalau dia mengundurkan diri, berarti akan menfokuskan ke proses hukumnya," paparnya.

Agung mengatakan, bila Novanto rela melepas jabatannya maka akan membuka kesempatan partai berlambang pohon beringin itu memperbaiki elektabilitasnya.

"Sekaligus memberi jalan pada Partai Golkar untuk bisa ambil langkah-langkah dalam rangka memperbaiki, mengembalikan sesuai posisinya, memilih ketua yang baru melalui munas," tutupnya.

Penulis Tari Oktaviani
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

setya novanto golkar munaslub