Home » Ragam

Danau Singkarak, Pesona Cantik Alam Minang

print this page Senin, 13/11/2017 | 23:36

Danau Singkarak. FOTO: Instagram/@handikazul.

RILIS.ID, Jakarta— Jika Anda ke tanah Minang, mampirlah ke salah satu destinasi wisata yang tempatnya begitu tenang dan pemandangannya menakjubkan, yaitu Danau Singkarak di Sumatra Barat. Sebuah danau kawah sangat besar dengan pemandangan alam vulkanik yang dramatis.

Airnya jernih, pemandangan hijau di sekitar danau, ditambah sampan-sampan nelayan bertebaran di permukaan danau semakin menambah keindahan Singkarak. Di sinilah Anda dapat merangkul pesona alam Indonesia yang begitu terkenal.

Danau Singkarak terbentuk akibat letusan gunung berapi dan pergeseran lempeng bumi. Singkarak adalah danau terbesar di Sumatra Barat sekaligus terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Jaraknya 70 kilometer dari Padang, Ibu Kota Sumatra Barat.

Keindahan Singkarak sudah terpampang sejak 1905 saat seorang naturalis bernma Ernst Haeckel memperkenalkannya lewat sebuah buku biologi. Saat itu, Haeckel terkesima dengan pemandangan danau nan cantik memesona. Karenanaya, ia menunagkannya dalam sebuah gambar lukis.

Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilihnya, salah satu spesies ikan yang unik karena tidak bisa bertahan hidup di mana saja. Ikan Bilih hanya bisa hidup di Singkarak, kalau pun dipaksakan di tempat lain, rasanya akan berbeda.

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam Danau Singkarak, Anda bisa mengendarai mobil. Singkarak mudah dicapai karena letaknya strategis di pinggir jalanan berkelok antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Untuk berkunjung ke dnau fnomenal tersebut, Anda bisa menempuh perjalanan darat sekitar 2 jam dari Kota Padang.

 

 

A post shared by Ebi (@debbishintia_s) on

 

Jika tak mau membawa kendaraan pribadi, Anda juga bisa naik angkutan umum, yang tarifnya sekitar RP40.000. Untuk lokasi menikmati Danau Singkarak, Anda bisa memilih antara Kenagarian Kacang, Paninggahan, Malalo, atau Pitalah. Sedangkan jika datang dari arah Kabupaten Tanah Datar maka dapat menuju Panorama Payorapuih di Kecamatan Batipuh yang menyuguhkan pemandangan Danau Singkarak berlatar Gunung Merapi dan Bukit Patah Gigi.

 

 

A post shared by marius laia (@mariuslaia07) on

 

Penulis Ning Triasih

Tags:

danau singkarakminangsumatra baratdestinasi wisata

loading...