logo rilis

Dampak Era Digital terhadap Dunia Kepenulisan Sangat Besar
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
28 Mei 2018, 14:49 WIB
Dampak Era Digital terhadap Dunia Kepenulisan Sangat Besar
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Depok— Maraknya penggunaan smartphone atau ponsel pintar berdampak sangat besar pada dunia kepenulisan. Pasalnya, era saat ini memudahkan seorang menulis dan membaca menggunakan aplikasi kepenulisan digital.

"Jadi memang saat ini kondisinya beda dengan yang dahulu, banyak orang yang populer dan punya pengikut banyak walaupun enggak punya buku, mereka banyak menulis di aplikasi wattpad, " ujar penulis, Pipiet Senja dalam keterangan persnya, di Depok, Senin (28/5/2018).

Irfan Azizi yang juga seorang penulis mengatakan, yang menjadi tantangan bagi penulis di era digital adalah bagaimana menghadirkan sebuah karya yang berkualitas bagus. Menurutnya, karya penulis sangat mudah untuk dipublikasikan melalui berbagai macam media.

"Belum tentu orang yang punya popularitas itu berkualitas, jadi tantangan ke depan adalah bagaimana melahirkan karya yang berkualitas " katanya.

Selain itu menurutnya, di era digital ini dibutuhkan kecepatan dalam melahirkan karya. Ia mencontohkan sebuah karya jurnalistik yang dituntut untuk lebih cepat dan update

"Sekarang para pengusaha ataupun orang-orang yang bergelut di media, saling berlomba-lomba untuk menyajikan berita secara cepat. Kalau telat sedikit akan ditinggalkan" tambahnya

Ketua Div. Jaringan Wilayah FLP ini juga menekankan saat ini model karya kepenulisan juga berubah secara drastis terutama setelah maraknya penggunaan internet dan media sosial

"Banyak perusahaan media yang tutup versi cetaknya, mereka lebih banyak bermain di online. Karena mereka sadar berita online lebih mudah diakses dan terus update dari pada yang cetak, " pungkas Irfan.

 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)