logo rilis

Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Ini sampai 15 Tahun
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
11 Agustus 2018, 21:30 WIB
Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Ini sampai 15 Tahun
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Sukabumi — Keterbatasan kuota ibadah haji di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat membuat pendaftar terus membludak setiap tahunnya. Bahkan, menurut Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, daftar tunggu ibadah haji di kabupaten tersebut mencapai 15 tahun. 

"Jika kita atau siapapun yang mendaftar haji sekarang, maka akan berangkatnya 15 tahun kemudian," kata Marwan di Sukabumi, Sabtu (11/8/2018).

Marwan mengatakan, Kabupaten Sukabumi mendapatkan kuota haji untuk sebanyak 1.593 orang. Sehingga, menurutnya, jika dilihat dari kuota tersebut jumlah warga yang sudah mendaftarkan untuk melaksanakan ibadah haji sekitar 23 ribu orang.

Dia meyakini, semakin banyaknya warga yang akan beribadah haji adalah bukti meningkatnya kesejahteraan masyarakat di kabupaten itu. Pasalnya, untuk melaksanakan ibadah haji tidak hanya membutuhkan kesehatan fisik dan jiwa saja, tetapi biaya yang cukup besar sekira Rp34 juta pada 2018 ini. 

"Kita juga terus melobi pemerintah pusat dan Pemprov Jabar agar menambah kuota haji untuk warga Kabupaten Sukabumi, karena daftar tunggunya sudah belasan tahun," ujarnya.

Marwan menyebut, pada 2018 ini jumlah jemaah calon haji yang berangkat sebanyak 1.593 orang yang dibagi empat gelombang pemberangkatan. Gelombang satu hingga tiga masing-masing sebanyak 404 orang, sementara gelombang terakhir atau empat adalah sisanya.

"Gelombang terakhir yang diberangkatkan ini bergabung di kelompok terbang 86 dan diharapkan seluruhnya dalam kondisi sehat dan bisa melaksanakan haji dengan khusyuk di tanah suci," tandasnya.

Sumber: Antara




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID