logo rilis
Cuma Perlu 10 Hari, Kominfo Blokir 3.195 Konten Radikal
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
30 Mei 2018, 20:58 WIB
Cuma Perlu 10 Hari, Kominfo Blokir 3.195 Konten Radikal
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Niken Widiastuti. FOTO: RILIS.ID/Afid Baroroh

RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir 3.195 konten radikal di media sosial hanya dalam kurun waktu 10 hari.

"Konten yang mengandung radikalisme, terorisme, di berbagai platform media sosial," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, di Jakarta pada Rabu (30/5/2018).

Niken mengatakan, pihaknya melakukan pendataan dengan Artificial Intelligence System (sistem kecerdasan buatan). Ditemukan bahwa medsos saat ini telah menjadi salah satu faktor yang mempercepat radikalisasi oleh kelompok teroris.

Dia menyebut, ada sekitar 53 persen atau sekitar 143 juta penduduk di Indonesia telah mengakses internet.

"Dengan adanya media sosial yang dimanfaatkan kelompok radikal, ideologi ini semakin lama semakin cepat menyebar," ujarnya.

Dia mengungkapkan, kelompok radikal banyak menyasar generasi muda dalam penyebaran ideologinya melalui internet. Terutama, kata dia, mereka yang memiliki wawasan terbatas.

"Mereka dibombardir informasi radikal, maka mereka banyak yang kemudian tidak hanya terinformasi, tapi juga berpotensi terinternalisasi paham-paham tersebut," ungkapnya.

Niken mengimbau agar masyarakat lebih banyak mengisi dunia maya dengan konten-konten positif yang membangun dan bermanfaat.

Dengan begitu, lanjutnya, energi bangsa ini tidak habis hanya berkutat untuk mengurusi hal-hal negatif, seperti radikalisme dan terorisme.

"Karena itu, sebagai filter, bagaimana Pancasila bisa kita internalisasikan melalui berbagai kegiatan, khususnya di media sosial," tandasnya.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)