logo rilis
Coba 4 Tips Ini, agar Tidak Ngiler saat Tidur Malam
Kontributor
Ibrahim
07 Mei 2018, 18:31 WIB
Coba 4 Tips Ini, agar Tidak Ngiler saat Tidur Malam

RILIS.ID, Jakarta— Ngiler sering terjadi saat tidur di malam hari. Tentu saja membuat risih sebab membuat kotor bantal atau alas tidur.  Bahkan, ngiler juga berbahaya jika sampai tersedak.

Sekadar diketahui, ngiler atau Sialorrhea adalah keluarnya saliva (air liur) dari mulut dalam jumlah berlebih. Sangat aktif terjadi secara umum, saat manusia tidur di malam hari.

Namun, ada sejumlah cara untuk menghindari masalah ini. Mari simak empat tips yang dikutip dari detikHealth.

Pertama, ubah posisi tidur. Ubah posisi tidur yang membuat mu bisa lebih mengontrol aliran saliva dari mulutmu tidak menetes ke bantal. Caranya dengan menghindari posisi yang membuat kamu kesulitan bernapas, semisal tidur dengan perut menekan alas tidur.

Kedua, jangan lupa gosok gigi. Kalau kamu tidak menjaga kesehatan mulut, jangan harap bisa terbebas dari ngiler di malam hari. Ini dikarenakan kesehatan mulut yang tidak terjaga dapat memancing adanya peradangan. Nah, peradangan ini yang akan membuat mulut memproduksi saliva dalam jumlah banyak sehingga tak heran seseorang bisa ngiler karena malas gosok gigi. 

Ketiga, perbanyak minum air. Bila kamu mencoba untuk mengurangi kebiasaan ngiler, mungkin kamu butuh untuk minum lebih banyak air, karena tetap terhidrasi akan mengurangi air liur yang kamu hasilkan. Menurut American Dental Association, penting untuk menjaga keseimbangan air liur yang sehat di mulut sebab air liur memainkan peran penting dalam melindungi tubuhmu dari infeksi.

Keempat, atasi sleep apnea. Salah satu indikasi dari sleep apnea adalah ngiler. Sleep apnea sendiri adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Perawatan yang paling dianjurkan untuk sleep apnea adalah sesuatu yang disebut mesin continuous positive airway pressure (CPAP).

Mesin CPAP tidak hanya akan membantu kamu tidur nyenyak, ini akan memastikan kamu berada diposisi aman dan bernapas dengan benar di malam hari. Kamu mungkin masih bisa ngiler saat menggunakan mesin CPAP, jika ini terjadi konsultasikan kepada dokter.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)