logo rilis

Cina Nyatakan Tak Mundur Perang Dagang dengan AS
Kontributor
Syahrain F.
13 April 2018, 20:06 WIB
Cina Nyatakan Tak Mundur Perang Dagang dengan AS
Bendera AS dan Cina. Credit: Reuters/Hyungwon Kang

RILIS.ID, San Francisco— Juru bicara Kementerian Perdagangan Cina Gao Feng mengatakan, negaranya tidak akan mundur dari perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

"Saya harap pihak AS tidak keliru membaca situasi ini. Bila AS mengambil langkah apapun yang bisa memperburuk keadaan, Cina tidak segan melawan balik," ucap Gao.

Dia juga menanggapi pertanyaan terkait pernyataan Presiden Cina Xi Jinping yang mengatakan akan membuka perekonomian negara dan menurunkan tarif untuk beberapa barang impor seperti mobil.

Di Twitter, Trump mengatakan "sangat berterima kasih" mendengar pernyataan Xi dan kedua negara itu akan "maju bersama!"

Namun Gao meluruskan, pernyataan Xi itu berhubungan dengan perang dagang antara Cina dan AS, serta mensinyalir Trump salah menilai sikap Xi.

Pada Kamis, Trump mengatakan pidato Xi itu berarti Cina dalam waktu dekat akan menurunkan hambatan perdagangan, bahkan "mungkin semuanya".

"Kami berhubungan baik dengan Cina. Saya pikir perundingan kami ini berjalan baik, dan kita akan lihat apa yang terjadi," kata Trump kepada wartawan.

Trump kemudian mengulang kritikannya terhadap Cina mengenai bea masuk sebesar 25 persen untuk mobil. Menurutnya, langkah Cina itu tidak adil karena AS hanya menerapkan tarif 2,5 persen saja untuk mobil-mobil import dari Cina.

Gao mengatakan, peraturan yang ditetapkan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) tidak mengharuskan tarif impor yang sama antara dua negara yang saling berdagang.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)