logo rilis
​Cina Akui Potensi Bawang Putih Indonesia
Kontributor
Fatah H Sidik
30 Maret 2018, 20:51 WIB
​Cina Akui Potensi Bawang Putih Indonesia
Rombongan Ditjen Hortikultura dan Tim Pakar RRC saat meninjau lokasi penanaman bawang putih di Kota Batu, Jawa Timur. FOTO: Ditjen Hortikultura Kementan

RILIS.ID, Temanggung— Ketua Delegasi Tim Pakar Republik Rakyat Cina, Prof Kong Su Ping, kagum dengan hamparan tanaman bawang putih di Desa Posong, Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Bahkan, dia menyebutkan, Indonesia berpotensi mengembangkan komoditas tersebut.

"Secara umum, lahan di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro di Kabupaten Temanggung-Magelang sangat sesuai untuk pengembangan bawang putih," ujarnya saat meninjau lokasi, Kamis (29/3/2018).

Dia menyatakan demikian, lantaran kondisi iklim dan alam Indonesia cocok ditanami bawang putih. Buktinya, benih asal Taiwan yang ditanam di lokasi berumur sekitar 90 hari menunjukkan indikasi mengumbi dan bersiung.

Namun, Su Ping menyarankan, Indonesia memperbaiki varietas dan teknologi budaya untuk mewujudkan swasembada bawang putih pada 2019. "Ini dua faktor kunci sukses bawang putih direplikasi secara luas di Indonesia," tutupnya.

Sebelum ke Temanggung, Tim Pakar RRC sempat diajak Direktorat Jenderal Hortikulktura Kementerian Pertanian meninjau lokasi lain. Misalnya, kawasan bawang putih di Bandung dan Malang.


komentar (0)