Home » Peristiwa » Dunia

China dan Vietnam Sepakat Akhiri Perselisihan Laut China Selatan

print this page Jumat, 3/11/2017 | 15:39

FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Hanoi— China dan Vietnam menyepakati untuk mengelola perselisihan di Laut China Selatan. Kesepakatan itu dicapai saat Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan pejabat senior Vietnam.

Kedua negara tersebut sudah lama berselisih dan belum menemui titik terang untuk berdamai. Oleh karena itu, Pertemuan dilakukan sepekan sebelum kedatangan Presiden China Xi Jinpin ke Vietnam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC.

"Mereka mencapai sebuah konsensus penting," kata Wakil Menteri Luar Negeri China Chen Xiaodong seperti dilansir reuters, Jumat (3/11/2017).

"Kedua belah pihak akan menjunjung tinggi asas konsultasi dan dialog ramah untuk bersama-sama mengelola dan mengendalikan perselisihan maritim, dan melindungi gambaran yang lebih besar mengenai hubungan dan stabilitas Sino-Vietnam di Laut Cina Selatan."

Wakil Perdana Menteri Vietnam Pham Binh Minh mengatakan, China dan Vietnam akan menyelesaikan perselisihan itu melalui hukum internasional. 

China dan negara-negara Asia Tenggara bersedia dan mampu menangani masalah Laut China Selatan. Chen berharap perselisihan ini dapat diselesaikan dengan damai.

"Kami juga berharap negara-negara di luar kawasan secara objektif dapat melihat perubahan positif situasi Laut China Selatan dan berbuat lebih banyak untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," kata Chen.

Penulis Sukma Alam

Tags:

China Vietnam Laut China Selatan

loading...