logo rilis

Celtic FC Terancam Didenda Akibat Fans Sampaikan Ini kepada Trump
Kontributor
Syahrain F.
12 Desember 2017, 00:57 WIB
Celtic FC Terancam Didenda Akibat Fans Sampaikan Ini kepada Trump
Fans Celtic FC menyampaikan pesan solidaritas terhadap Palestina dan pertentangannya terhadap Presiden AS Donald Trump.

RILIS.ID, Edinburgh— Fans klub sepakbola asal Skotlandia Celtic FC kembali 'membandel' dengan memampangkan pesan solidaritas untuk rakyat Palestina. 

Dilansir dari Middle East Monitor, dalam pertandingan pada Minggu (10/12/2017), di stadion Edinburgh's Easter, klub Celtic FC diperkirakan akan kembali membayar denda dikarenakan pesan bernada politk yang dipertontonkan fansnya sebelum kick off dimulai.

Baca Juga

"Yerusalem adalah Palestina," begitu tulisan di spanduk fans.

Selain itu, mereka juga membawa pesan yang tak kalah pentingnya, mengingat huru-hara yang mulai terjadi di berbagai belahan dunia dipicu oleh kebijakan sepihak yang dibuat Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tak ayal, mereka pun membawa pesan pertentangan terhadap presiden yang popularitasnya sedang anjlok di dalam negerinya itu.

"Persetan Trump," kata para fans seperti juga tertulis di spanduk.

Tahun lalu, klub ini terpaksa membayar denda sejumlah 82.000 poundsterling setelah fans mengibar-ngibarkan bendera Palestina dari bangku penonton di hadapan para pemain tim Israel Hapoel Beer Sheva FC. Tidak hanya satu atau dua orang, tetapi hampir seisi tribun memegang bendera Palestina pada pertandingan paling bergengsi di Eropa, Champion's League.

Sebagai respons atas denda yang dijatuhkan UEFA terhadap klub kecintaan mereka, para fans melakukan penggalangan dana. Alih-alih disampaikan kepada klub sebagai bentuk permohonan maaf, para fans justru menyerahkan dana sebesar 160.000 poundsterling—melebihi denda yang harus dibayarkan klub—kepada para pengungsi Palestina.

Merespons solidaritas fans yang diberi julukan the Green Brigade itu, para pengungsi Palestina di Bethlehem pun berinisiatif untuk menggalang dana balik guna membayar denda yang dijatuhkan terhadap Celtic FC.

The Green Brigade bukanlah kelompok fans klub sepakbola yang terkenal sebagai pelanggar aturan. Tahun 2003, fans ini didaulat oleh FIFA dan UEFA sebagai fans panutan dan diberi penghargaan oleh keduanya atas keramahan mereka ketika 80.000 Green Brigades melakoni laga final ke Seville, Spanyol.

Di tahun ini, Green Brigade mendapatkan penghargaan FIFA Fan Award karena berhasil membuat gambar raksasa yang membutuhkan extra kerjasama kolektif dari setiap satu orang fan untuk secara jelas mempertontonkannya ke publik stadion.


#Celtic FC
#The Green Brigade
#Yerusalem
#Palestina
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)