logo rilis
Cek Pasokan Nasional, Kemendag: Stok Pangan Lebaran 2018 di Tanjungpinang Aman
Kontributor
Elvi R
11 Juni 2018, 22:10 WIB
Cek Pasokan Nasional, Kemendag: Stok Pangan Lebaran 2018 di Tanjungpinang Aman
Pasar Tradisional. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Tanjungpinang— Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat stok beras, daging ayam beku, serta daging kerbau dan sapi beku mencukupi hingga Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag, Kasan mengatakan, berdasarkan hasil sidak pada sejumlah gudang distributor beras, daging ayam beku, serta daging kerbau dan sapi beku, persediaan komoditas tersebut mencukupi.

Tim Kemendag yang didampingi staf Disperindag Provinsi Kepri dan Tanjungpinang melakukan sidak tadi siang di gudang milik CV Cahaya Abadi di Jalan Kijang Lama. Di gudang ini diperoleh informasi bahwa persediaan daging kerbau dan sapi beku impor mencapai empat ton, sedangkan stok ayam beku lokal tiga ton.

"Dalam waktu dekat masuk enam ton daging sapi dan kerbau beku," katanya, di Tanjungpinang, Senin (11/6/2018).

Sementara di Gudang Aseng, diperoleh informasi stok beras lokal mencapai 200 ton, cukup untuk tiga bulan ke depan. Distributor ini menjual beras premium dengan harga di bawah harga eceran tertinggi.

"Harga eceran tertinggi beras premium Rp13.300 per kg. Distributor tidak menjual beras medium," ucapnya.

Di gudang milik PT Kartika, tim Kemendag diperoleh informasi persediaan daging sapi dan kerbau beku mencapai 30 ton, sedangkan stok ayam beku seberat 3 ton.

"Mencukupi selama Idul Fitri 1439 Hijriah," kata Kasan.

Dia mengemukakan tim Kemendag memantau seluruh perdagangan daging ayam, beras, sapi dan daging kerbau untuk memastikan persediaan komoditas itu stabil selama Idul Fitri 1439 Hijriah. Kemendag menetapkan harga eceran tertinggi untuk empat komoditas kebutuhan masyarakat yakni beras, daging sapi dan kerbau, minyak goreng serta gula.

"Kami mengimbau distributor dan pedagang menjual komoditas itu tidak di atas harga eceran tertinggi," katanya.

Mengenai harga beras, daging sapi dan kerbau, daging ayam serta gula akan disampaikan kepada publik setelah tim Kemendag sidak ke pasar tradisional.

"Besok pagi kami akan sidak ke pasar tradisional di Tanjungpinang, kemudian dilanjutkan ke Batam," ujarnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)