logo rilis

Cegah Virus Corona, Menkes: Gampang, Begini Caranya...
Kontributor
Nailin In Saroh
27 Januari 2020, 22:00 WIB
Cegah Virus Corona, Menkes: Gampang, Begini Caranya...
Ilustrasi virus Corona. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.

RILIS.ID, Jakarta— Virus Corona, menjadi semakin menakutkan setelah menyebar luas ke 13 negara belahan dunia. Virus yang disebut mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) itu pun telah menjangkiti 1.300 orang dan membunuh 41 orang di China, yang dilaporkan hingga hari ini, Senin (27/1/2020).

Namun, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, mengatakan masyarakat tak perlu khawatir menyikapi ancaman virus asal Cina tersebut. Ia menyebut virus corona mudah diatasi bila masyarakat menjaga kesehatan dengan baik.

"Cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu, maka akan ada gerakan sarapan pagi bersama," ujar Terawan saat menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal penyebaran virus corona di gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Terawan menilai, masyarakat tak perlu panik soal virus itu. Dia berujar sebaran virus Corona hanya mengenai sedikit penduduk China bila dikalkulasikan dari total penduduknya sekarang.

"Dari 1,4 milyar penduduk sana ya paling 2 ribuan (yang terkena virus corona). 2 ribu dari 1,4 milyar itu kan kayak apa. Karena itu pencegahannya jangan panik, jangan resah. Enjoy saja, makan yang cukup," jelasnya.

Terawan juga memaparkan soal upaya yang perlu dilakukan masyarakat saat ini, yakni menjaga imunitas. Menurutnya, langkah  tersebut sebagai kunci utama pencegahan penyebaran virus ini.

"Harus tahulah sifat virus ini apa. Karena virus corona ini ya jelas nggak ada vaksinasinya. Kalau untuk virus belum ada vaksinasi. Dan virus ini akan bisa kerja kalau apa, kalau imunitas kita turun, kalau daya tahan tubuh kita turun," ungkap Terawan.

Terawan mengaku pihaknya akan mendorong masyarakat melakukan gerakan hidup sehat, seperti berjalan 30 menit sehari dan rutin mengonsumsi air putih. Dia pun berharap agar situasi ini dapat diinformasikan secara bijaksana agar masyarakat tidak panik dan malah membuat imunitas mereka turun.

Yang harus kita hadapi adalah bagaimana kita memberitakan secara arif tapi tidak menutup-nutupi, apa adanya saja, tapi cara menyampaikannya dengan arif. Di situlah pentingnya kedewasaan kita semua selaku para pejabat, selaku para stakeholder, untuk memberikan yang nyaman. Memang ujungnya pertahanan yang paling kuat ya imunitas," pungkasnya. 

Meski demikian, ia menghimbau masyarakat harus tetap waspada dengan virus corona yang melanda Wuhan, China. Masyarakat, kata dia, harus tahu cara penanganan dan evakuasi yang benar.

"Caranya evakuasi gimana? Pertama kita harus tahu bahwa kota itu udah di lock down. Di lock down itu tidak boleh ada yang masuk tidak boleh ada yang keluar. Perlu koordinasi yang baik," kata Terawan. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID