logo rilis

Cegah Penyakit Pasca Banjir dengan Cara Ini...
Kontributor
Tari Oktaviani
03 Januari 2020, 14:00 WIB
Cegah Penyakit Pasca Banjir dengan Cara Ini...
Banjir Menggenangi Pasar Jatinegara (2/1/2020).RILIS.ID/Fajar Alim Mustaqin

RILIS.ID, Jakarta— Setelah banjir melanda daerah Jabodetabek, tentunya masih dikhawatirkan beberapa ancaman penyakit. Pasalnya, genangan air banjir mengandung berbagai organisme dan bakteri yang menimbulkan penyakit seperti E.coli, Salmonella, dan virus penyebab penyakit tifus, paratifoid, dan tetanus. 

Setidaknya ada beberapa jenis penyakit yang rawan muncul pasca banjir. Diantaranya seperti diare, penyakit kulit, ISPA, demam berdarah, kolera dan leptospirosis. 

Guna menghindarinya, sebaiknya segera bersihkan rumah pasca banjir. Jangan menunggu sampai kering sebab akan memperbanyak penyebaran bakteri. 

Anda juga diharuskan untuk sering-sering mencuci tangan dan kaki pakai sabun. Terutama pasca membersihkan barang-barang yang terkena banjir. Alangkah lebih baik lagi gunakan cairan anti kuman di tangan sebelum makan.

Selama banjir, pastikan anda membeli makanan dari warung makan atau restoran yang tidak terkena banjir guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jika terasa ada gejala sakit, langsung konsumsi obat. Namun jika keadaan semakin parah, jangan ragu untuk segera temui dokter. 

Meskipun pembersihan rumah pasca banjir sangat menguras waktu dan tenaga, namun jangan sampai lupa ya untuk makan yang bergizi dan perbanyak minum air putih. Sebab seringkali orang menjadi lupa atau telat nakan sehingga menjadi penyakit pada akhirnya. Semoga sehat selalu yaa...




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID