logo rilis
Cawapres Jokowi Dari Golkar?
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
20 Januari 2018, 00:40 WIB
Cawapres Jokowi Dari Golkar?
FOTO: Humas Setkab.

RILIS.ID, Jakarta— Dukungan Partai Golkar kepada Presiden Joko Widodo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang langsung membuahkan hasil dengan ditunjuknya sekjen demisioner, Idrus Marham sebagai Menteri Sosial pengganti Khofifah Indar Parawansa. 

Selain mendapat tambahan kursi kabinet, menurut Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, kader Golkar juga berpeluang untuk menjadi cawapres pendamping Jokowi.

"Kedekatan itu tidak menutup kemungkinan kalau Jokowi capres bisa saja cawapresnya dari Golkar," kata Emrus kepada rilis.id, Jumat (19/1/2018).

Dia menyebut, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memiliki peluang untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 nanti. Pasalnya, kedekatan Jokowi dengan Menteri Perindustrian tersebut semakin terlihat belakangan ini.

"Kita bisa lihat bahasa tubuh dari Airlangga yang sangat menghormati Jokowi. Begitu juga Jokowi yang merasa nyaman dengan Airlangga," ujarnya.

Emrus menjelaskan, Golkar memiliki kader-kader yang mumpuni dalam melakukan komunikasi dan konsolidasi politik. Sehingga, kekuatan itu yang akan digunakan Golkar untuk mewujudkan kepentingan-kepentingan politiknya, termasuk menjadi cawapres mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Kader-kader Gokar adalah kader-kader yang mempunyai kemampuan luar biasa di dalam kancah perpolitikan kita di Indonesia. Sehingga boleh jadi mereka nanti bisa meyakinkan Jokowi untuk menggandeng kader Golkar di Pilpres 2019," jelas Emrus.

Golkar, lanjut Emrus, merupakan partai yang konsisten berada di papan atas si setiap pemilihan umum. Sehingga menurutnya, hal itu menjadi daya tawar Golkar ketika menawarkan kadernya berpasangan dengan Jokowi di pilpres mendatang.

"Sehingga kader Golkar untuk bergandengan dengan Jokowi sangat terbuka lebar," pungkasnya.


Tags
#Pilpres 2019
#Pemilu Serentak
#Pilkada 2018
#Jokowi
#Golkar
500
komentar (0)