logo rilis
Cara Terbaik Bantu Mereka yang Dilanda Depresi
Kontributor
Ning Triasih
05 Mei 2018, 17:30 WIB
Cara Terbaik Bantu Mereka yang Dilanda Depresi
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Depresi adalah pertempuran tersulit dalam hidup, akan sangat melelahkan hingga kehabisan tenaga. Depresi umumnya akan membuat seseorang merasa tak berdaya, bahkan ada yang sampai bunuh diri gara-gara masalah mental ini.

Dalam situasi seperti ini, satu-satunya hal yang dapat membuat mereka bertahan adalah tahu bahwa ada seseorang yang peduli dan mendukungnya.

Berikut tips menghadapi dan membantu orang-orang yang tengah dilanda depresi melansir dari India Times:

Pahami apa itu depresi

Sebelum terjun untuk membantu mereka yang dilanda depresi, Anda harus paham dulu apa itu depresi. Yang jelas, depresi bukan sebatas kesedihan yang bisa terobati jika Anda menghibur mereka. Baca tentang depresi, cari bantuan secara medis apa yang mereka butuhkan. Setelah itu, baru dorong mereka untuk melawannya.

Hati-hati memilih kata-kata

Ingat, seseorang yang tengah depresi sangatlah sensitif. Karenanya, pilih dan pilah lebih dulu apa yang baik dan tidak untuk diucapkan di depan mereka.

Bicarakan hal-hal yang menghibur

Jika kata-kata kasar dapat menghancurkan, perkataan baik akan membawa keajaiban untuk menyembuhkan rasa sakit. Terapkan hal ini untuk membantu seseorang yang dilanda depresi. Hibur dia dengan lelucon atau pujian yang akan mengangkat kepercayaan diri mereka.

Tanyakan bagaimana ia menjalaninya

Ketika seseorang depresi, mereka memerlukan orang-orang yang peduli. Bahkan jika Anda berpikir akan mengganggunya, teruslah bertanya bagaimana mereka melaluinya. Ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan merasa dipedulikan.

Jangan canggung bicarakan topik 'ektrem'

Ketika depresi, seseorang bisa saja punya keinginan untuk mengakhiri hidup. Karena itu, saat bersamanya, jangan takut untuk membuka topik tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Pastikan mereka tahu bahwa Anda cukup peduli, sehingga akan mengubah perasaan negatif.

Dengarkan mereka

Orang depresi biasanya sangat sulit membuka diri. Karenanya, ketika mereka terbuka, pastikan Anda mendengarkannya. Yakinkan mereka bahwa Anda selalu siap dan mau jadi pendengar setianya. Sederhana, tapi itu akan sangat membantu meringankan sedikit bebannya.

Bujuk agar mau mendapat penanganan medis

Dorong mereka untuk mencari bantuan profesional yang dapat memberi solusi terbaik. Kadang-kadang, sulit untuk mengakui bahwa Anda butuh bantuan dan perlu sedikit dorongan.


500
komentar (0)