Home » Bisnis

Cara Menteri Amran Ajak Pemuda Terjun ke Sektor Pertanian

print this page Rabu, 15/11/2017 | 07:14

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengajak swafoto bersama dengan para mahasiswa. FOTO: HUMAS KEMENTAN.

RILIS.ID, Palangka Raya— Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengajak generasi muda kembali ke sektor agraria. Untuk menyemangatinya, dia mendorong mekanisasi.

"Kita punya kebijakan olah tanah pakai mesin, panen pakai mesin, tanam pakai mesin, semua pakai mesin," ujarnya sela Kuliah Umum di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (14/11/2017).

Dia menyatakan demikian, lantaran pertanian Indonesia mengalami lonjakan signifikan dalam tiga tahun terakhir. Buktinya, sektor pertanian menyumbang 13,92 persen pada triwulan II 2017. Angka ini, lebih tinggi dibanding triwulan I 2017, 13,59 persen.

Bahkan, pertumbuhan sektor ekonomi Indonesia masuk tiga besar pada G20. 
"Dan itu mendapat apresiasi dari berbagai negara," jelas peraih gelar doktor dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Menteri Amran menambahkan, generasi muda harus menjadi kelompok unggul, karena tulang punggung harapan bangsa Indonesia ke depan. "Negeri ini milik kita semua. Kalian yang akan melanjutkan," jelasnya.

"Spirit itu jauh lebih penting. Anda harus konsisten, anda harus kerja keras. Mau sukses? Harus jujur, disiplin, dan kerja keras. Jangan tinggalkan ruangan ini, sebelum mindset harus dibongkar," imbuhnya.

Menteri kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu pun mengingatkan, "Pelaut ulung lahir di ombak besar, bukan di kolam renang yang kecil."

Pada kesempatan tersebut, Menteri Amran didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Anggota Komisi IV DPR Hamdhani. Dia juga sempat memberikan beragam alat dan mesin pertanian (alsintan).

Penulis Fatah H Sidik
Editor Sukarjito

Tags:

Kementanmentan

loading...