logo rilis
Gusi Bayi Berdarah Pasca Terbentur, Lakukan Hal Ini...
Kontributor
Tari Oktaviani
20 Desember 2019, 10:28 WIB
Gusi Bayi Berdarah Pasca Terbentur, Lakukan Hal Ini...
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Memiliki bayi atau balita yang sudah banyak tingkahnya tentunya menggemaskan. Apalagi jika ia sudah mulai merangkak hingga tengah belajar jalan. Namun beberapa kali rupanya ia terjatuh yang menimbulkan adanya luka.

Tak jarang bayi dan balita yang tersungkur membuat pendarahan di sekitar gusinya. Hal ini biasanya karena mulutnya yang terbentur oleh lantai atau meja.

Sebagai orang tua pastinya merasa panik melihat banyaknya darah yang keluar dari gusinya. Terlebih saat si balita tengah tumbuh gigi. Adanya kekhawatiran bila giginya patah. 

Nah, untuk menghentikan pendarahannya, anda bisa mencoba cara alami ini. Bahan-bahan ini bisa ditemukan di rumah anda. 

1. Kompres dengan kassa dingin

Jika anda memiliki kassa, anda bisa menyelupkannya dengan air dingin lalu tempelkan di wilayah gusi si bayi yang berdarah. Jika tidak ada kassa, anda bisa gantikan dengan kain bersih yang didalamnya berisi batu es. 

2. Gula

Gula pastinya mudah dijumpai di dapur anda. Untuk menghentikan pendarahan, anda bisa mencoba tempelkan butiran gula di daerah yang berdarah. Butiran-butiran gula akan meresap kelembapan yang memungkinkan bakteri tumbuh dan berkembang. Tanpa bakteri, luka bisa sembuh lebih cepat.

3. Madu 

Madu memiliki sifat anti infeksi. Madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Cukup oleskan madu di daerah gusi yang berdarah.

4. Kantung teh

Cara menghentikan pendarahan juga bisa dengan kantung teh. Pertama anda harus seduh dulu teh lalu ambil kantongnya setelah itu tempelkan di wilayah gusi yang berdarah.

5. Larutan Air Garam

Garam memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang adapat meminimalisir pembengkakan dan infeksi penyebab gusi berdarah. Jika anak anda sudah bisa berkumur anda bisa mencoba larutan air garam ini untuk menghentikan pendarahannya.

Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan namun pendarahan di gusi si bayi balita masih keluar, tentu anda harus segera membawa ke dokter gigi. Terutama jika disertai dengan gigi yang patah, demam ataupun si bayi balita yang menjadi rewel. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID