logo rilis

Bupati Nonaktif Subang Imas Aryumningsih Segera Disidang
Kontributor
Tari Oktaviani
08 Juni 2018, 17:14 WIB
Bupati Nonaktif Subang Imas Aryumningsih Segera Disidang
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Bupati nonaktif Subang, Imas Aryumningsih, segera disidang di Pengadilan Bandung, Jawa Barat. Dia menjadi tersangka kasus dugaan suap izin pendirian pabrik di Subang.

"Rencana sidang di Bandung. Yang bersangkutan dibawa ke Lapas Sukamiskin Bandung," ujar Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Selain Imas, pelimpahan berkas dan barang bukti untuk tersangka lainnya juga sudah dilakukan KPK. Dia adalah Darta, perantara suap dari swasta ke Imas.

"Yang bersangkutan (Darta) telah diperiksa lima kali sebagai tersangka dalam perkara ini. Yakni, pada12 April 2018, 20 April, 4 Mei 2018, 11 Mei 2018, dan 15 Mei 2018," beber Febri.

Imas, Kabid Perizinan Pemkab Subang Asep, dan Darta, diduga menerima suap dari Miftahuddin, pihak swasta dari PT ASP. Suap diberikan, agar Imas memberikan izin pembangunan pabrik Rp1,4 miliar.

Dalam operasi senyap ini, tim KPK menyita uang sebesar Rp337,378 juta dari beberapa orang. Menurut Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan, total commitment fee lebih dari itu.

"Diduga commitment fee awal antara pemberi dengan perantara adalah Rp4,5 miliar. Sedangkan dugaan commitment fee antara Bupati ke perantara adalah Rp1,5 miliar," ucap Basaria.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)