logo rilis
Bupati Morowali Utara Canangkan Gerakan Tanam Kedelai
Kontributor
Elvi R
15 Agustus 2018, 10:00 WIB
Bupati Morowali Utara Canangkan Gerakan Tanam Kedelai
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Morowali Utara— Pencanangan itu dilaksanakan di Desa Peonea, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara pada tanggal 14 Agustus 2018. Pencanangan ini dihadiri oleh Bupati Morowali Utara, Camat Mori Atas, Danramil, Kapolsek, Babinsa, kepala desa, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Daerah, Penanggung jawab upsus Pajala Sulteng, penanjung jawab upsus pajala Kabupaten Banggai, bangkep, morowali dan morowali utara, penyuluh, KCD dan mantri tani, pengurus kelompok tani dan para anggota kelompok tani.

Dalam sambutannya, Bupati Morowali Utara, Ir. Aptripel Tumimomor , M.T., mengharapkan agar para petani, penyuluh dan semua pihak terkait dapat memacu kinerja agar target luas tambah tanam dan produksi bisa dicapai bahkan bisa melebihi target.

“Saya bangga bila produk pertanian Morowali Utara menjadi komoditas yang bisa diekspor” tambahnya.

Atripel juga meminta petani agar memanfaatkan lahan kosong sembari mengingatkan agar segala bantuan disalurkan sesuai dengan peruntukannya.

Semantara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Irmayanti, mengatakan, bulan ini (Agustus) Morowali Utara ditargetkan tanam kedelai 1.657 hektare, tanam jagung 3.620 hektare, dan padi gogo 1.220 hektare. Bantuan dari Kementerian Pertanian telah dikirimkan ke rekening kelompok tani. Irma mengharapkan agar bantuan pemerintah ini bisa tepat guna, tepat sasaran, dan tepat mutu. 
Penanggung jawab UPSUS Pajala Sulawesi Tengah, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi mengapresiasi para petani dan penyuluh serta pemerintah daerah yang telah berupaya keras mendukung kegiatan UPSUS Pajala. Dedi menekankan pentingnya petani dan penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian. 

“Kabupaten Morowali Utara ini mempunyai lahan kering yang cukup luas dan potensial untuk komoditas kedelai, jagung, dan padi gogo,” imbuhnya.

Setelah berakhir kegiatan, para penyuluh dan para ka BPP berkumpul selain untuk silaturahi juga mengatur strategi dan menyelesaikan permasalahan terkait peningkatan luas tambah tanam kedelai di Morowali Utara. Hadir dalam silaturahmi ini adalah Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Daerah, Penjab UPSUS Pajala Sulawesi Tengah, Penjab UPSUS Pajala Kabupaten Morowali Utara, dan Kabid Tanaman Pangan serta kasi lingkup bidang produksi tananaman pangan.

Sumber: Yantirina/Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)