logo rilis
Bulog Punya Gudang Canggih, Bawang Merah Bisa Tahan Tiga Bulan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
02 Mei 2019, 21:35 WIB
Bulog Punya Gudang Canggih, Bawang Merah Bisa Tahan Tiga Bulan
FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Brebes— Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) saat ini sudah memiliki gudang canggih dan modern untuk menyimpan bawang merah yang ada di Brebes, Jawa Tengah. Gudang canggih yang dengan Control Atmosphere Storage (CAS) itu bisa membuat bawang putih segar kembali meski disimpan dalam waktu tiga bulan. 

"CAS ini menyimpan dalam tiga bulan hanya susut 10 persen. Ini membuat bawang merah mati suri sehingga ketika dibutuhkan jadi fresh," kata Kepala Divisi Regional Perum Bulog Jawa Tengah, Mentoba Sugit T Mulyono di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019). 

Dia menjelaskan, yang membuat bawang merah bisa bertahan sampai tiga bulan adalah karena adanya teknologi atmosfer. Teknologi itu, menurutnya, bisa membuat bawang putih menjadi mati suri. 

"Kalau kita baca di belakang itu kan ada control atmosfer, dengan teknologi itu bawang dimatisurikan. Ketika dia tidak terkena atmosfer maka dia fresh lagi," ujarnya. 

Selama ini, lanjut Mentoba, pihaknya baru menguji coba ketahanan bawang putih selama tiga bulan. Sehingga, lanjut dia, pihaknya belum bisa memastikan apakah bisa bertahan bila lebih dari tiga bulan tersebut. 

"Ini masih masa uji coba. Tanggal 23 baru kita jual," ungkap Mentoba. 

Perum Bulog sendiri mengeluarkan dana sebesar Rp25 miliar untuk membangun gudang CAS yang diproduksi oleh PT Pura itu. Nantinya, Bulog masih akan membangun lagi gudang modern CAS di beberapa daerah sentra pangan di Indonesia.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID