logo rilis
Bulog dan BPS Bakal Tentukan Kriteria Beras di Pasar
Kontributor
Elvi R
21 Maret 2018, 10:59 WIB
Bulog dan BPS Bakal Tentukan Kriteria Beras di Pasar
FOTO: Twitter/@bps_statistics

RILIS.ID, Jakarta— Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan BPS akan bekerja sama untuk menentukan kriteria beras di pasar. Selama ini menurutnya, belum ada kriteria jelas dari jenis-jenis beras yang beredar di masyarakat.

Kerja sama dengan BPS diharapkan bisa menghasilkan klasifikasi jenis beras berdasarkan kualitas. Seperti, premium, medium, dan rendah.

"Penentuan kriteria beras itu hanya bisa dilakukan di penggilingan, karena kalau sudah dikemas akan sulit menentukan kadar broken dan lain sebagainya," ujar Suhariyanto di kantor Bulog, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Suhariyanto menyebut, ke depan jenis beras yang telah ditentukan, harus disepakati bersama. Sehingga, ada kejelasan jenis beras yang akan diedarkan oleh perusahaan dan keterangan yang diterima konsumen.

"Ke depan ini merupakan salah satu hal yang perlu kita sepakati bagaimana beras yang masuk ke dalam premium, medium dan mana yang masuk ke dalam rendah (kualitas)," pungkas Suhariyanto.

Seperti diketahui, BPS dan Bulog menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai penyediaan, pemanfaatan, serta pengembangan data dan informasi statistik di bidang pangan.

Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, data BPS yang diamati dan diumumkan akan menjadi bagian dari sistem peringatan dini, maupun sebagai salah satu alat bagi Bulog menentukan strategi penugasan dan komersial Bulog.

"Tujuan pelaksanaan nota kesepahaman ini, dilakukan agar kedua belah pihak dapat saling bertukar informasi yang saling mendukung dan dibutuhkan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penugasan pemerintah," kata Djarot.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)