logo rilis

Bulan Depan, Jelajah Jawa Tengah Jauh Lebih Mudah dengan KA Komuter Loop
Kontributor
Ning Triasih
16 November 2018, 22:02 WIB
Bulan Depan, Jelajah Jawa Tengah Jauh Lebih Mudah dengan KA Komuter Loop
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Kabar gembira bagi Anda yang doyan jalan-jalan naik kereta api, terlebih traveling ke Jawa Tengah. Mulai 1 Desember 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan KA komuter.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Supriyanto, KA komuter tersebut menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara melingkar (loop).

Adapun untuk rute KA komuter ini, lanjut Supriyanto, meliputi Purwokerto-Yogyakarta-Solo-Semarang-Tegal-Purwokerto dan sebaliknya. Ia berharap, kehadiran KA komuter loop Jateng-DIY dapat menambah pilihan moda transportasi massal bagi masyarakat yang hendak bepergian untuk keperluan wisata, pekerjaan, pendidikan dan keperluan lainnya.

Salah satu contoh kemudahannya, warga Cilacap yang hendak ke Semarang dengan kereta api, bisa naik dari Stasiun Kroya, sehingga tidak perlu ke Purwokerto lebih dulu.

Meski peluncuran KA komuter loop Jateng-DKI tinggal sebulan lagi, Supriyadi mengaku belum mengetahui nama apa yang akan dipakai, serta dari stasiun mana KA komuter tersebut akan mulai diberangkatkan.

"Kami masih menunggu kabar lebih lanjut dari Kantor Pusat PT KAI mengenai nama KA komuter tersebut termasuk stasiun awal pemberangkatannya, apakah akan diberangkatkan dari Daop 5 Purwokerto ataukah dari Daop 6 Yogyakarta," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA.

Selain untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di wilayah selatan Jateng yang akan ke Semarang atau kota-kota di wilayah pantai utara dan sebaliknya dengan kereta api, jelas Supriyadi, KA komuter loop ini juga disiapkan dalam ramngka liburan akhir tahun.

"Tiket KA-KA reguler untuk liburan akhir tahun sudah mulai dijual, sementara tidak ada penambahan dan ketersediaannya masih cukup banyak karena suasananya tidak seperti saat Lebaran," tandasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)