logo rilis
BPTP Jambi Sambut Hari Krida Pertanian ke-46 di Batanghari
Kontributor
Kurniati
25 Mei 2018, 11:01 WIB
BPTP Jambi Sambut Hari Krida Pertanian ke-46 di Batanghari
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Tidak sampai dua (2) bulan lagi Hari Krida Pertanian (HKP) ke-46 tingkat Provinsi Jambi akan digelar di Bumi “Serentak Bak Regam”, Kabupaten Batanghari, 12 hingga 14 Juli 2018 mendatang.

Kegiatan yang digelar rutin setiap tahunnya ini diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. 

Pada hakekatnya HKP merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus mawas diri serta hari dharma bhakti. 

Pada hari tersebut masyarakat pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah. 

Selanjutnya bermohon agar pada tahun-tahun berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggung jawab untuk tetap melestarikannya. 

Mengusung tema “Dengan Semangat Hari Krida Pertanian Ke-46 Kita Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Pertanian untuk Meningkatkan Nilai Tukar Petani (NTP) Menuju Jambi Tuntas 2021”, berbagai kegiatan akan dilaksanakan di antaranya; gelar teknologi dan percontohan, sarasehan, pemberian penghargaan, pameran dan asah terampil.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jambi yang kembali dipercaya sebagai koordinator gelar teknologi dan percontohan akan menampilkan beberapa diseminasi teknologi.

Di antaranya teknologi tumpangsari Jagung-Kedelai (Jagung yang digunakan varietas Nasa 29 dan BIMA 20 URI serta Kedelai varietas Anjasmoro), Hydroponik berbagai tanaman buah dan sayur, teknologi penanaman padi Inpara 3 dengan menggunakan sistem Surjan (penanaman padi pada tabukan dan penananan sayuran pada guludan), teknologi Mina padi, teknologi Bioflok, dan penanaman beberapa tanaman langka seperti kayu Bulian, kayu Ulin, Asam Kandis.

Kegiatan ini merupakan wahana sinergi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat provinsi dan kabupaten, diantaranya Dinas TPHKP, Dinas Kelautan dan Perikanan, BPBAT, Balai Karantina, BPTP Balitbangtan Jambi, serta beberapa BUMN. 

Sumber: Kiki Suheiti


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)