logo rilis
BPTP Balitbangtan Bali Gandeng Mahasiswa UNHI Bantu Masyarakat Bali
Kontributor
Elvi R
18 September 2020, 18:30 WIB
BPTP Balitbangtan Bali Gandeng Mahasiswa UNHI Bantu Masyarakat Bali
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Pandemi COVID-19 memberi dampak yang luas terhadap perekonomian masyarakat di Bali. Sektor pariwisata menjadi tumpuan utama penduduk Bali sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Hal ini membuat para mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (UNHI) bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali bergerak membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya dengan membagikan benih sayuran. 

Kepala BPTP Bali I Made Rai Yasa, Jumat (18/9) di Kantor BPTP Bali menyerahkan 1.500  benih sayuran kepada mahasiswa UNHI yang sedang melaksanakan program KKN untuk didistribusikan ke masyarakat di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Tidak hanya benih, para mahasiswa juga dibekali dengan teknik budidaya sayuran yang baik oleh beberapa praktisi BPTP Bali.

Kadek Yoni Cahyani, salah satu mahasiswa mengungkapkan bahwa banyak warga yang dirumahkan selama pandemi. Menurutnya, selama dirumahkan banyak masyarakat yang menjadikan pertanian sebagai pilihan beraktifitas. “Akan tetapi karena terbatasnya lahan yang dimiliki, aktifitas budidaya tanaman tidak bisa dilakukan dalam sekala besar atau bisnis, selain itu juga terkendala dengan minimnya pengetahuan tentang budidaya tanaman.” lanjutnya.

Sementara itu Kepala BPTP Bali menyampaikan bahwa dirinya merasa terbantu oleh Mahasiswa untuk menyebarkan benih sayuran kemasyarakat serta mendiseminasikan program pemanfaatan pekarangan dengan aneka tanaman sayuran. "Memanfaatkan lahan pekarangan akan sangat membantu memperkuat  ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari keluarga utamanya di masa pandemi COVID-19 ini." Jelas Rai.  

Disebutkan pula bahwa apa yang dilakukan ini sesuai dengan arahan Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry saat menerima penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementan, Selasa (15/9), bahwa Badan litbang Pertanian akan mendorong bagaimana inovasi teknologi itu sampai ke petani, “dan itu menjadi target Badan Litbang dan semua UPT yang ada di bawahnya.” Tegas Fadjry.  

Kepala BPTP Bali juga mengapresiasi inisiatif para mahasiswa yang secara aktif turun membantu masyarakat melalui dunia pertanian dengan memanfaatkan inovasi teknologi. “Terkait hal itu kami sebagai UPT Balitbangtan di Bali mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiwa UNHI telah membantu menyebarluaskan inovasi Badan Litbang melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN)." tutupnya.

Sumber: Balitbangtan


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID